Tips Cerdas Menggunakan Google Scholar untuk Menemukan Literatur Berkualitas

Jumat 18-10-2024,09:35 WIB
Reporter : Rilect
Editor : Rilect

Banyak universitas telah mengintegrasikan Google Scholar dengan perpustakaan digital mereka. Dengan menggunakan akun institusi, Anda bisa mendapatkan akses penuh ke banyak literatur akademik yang biasanya berbayar.

 - Lihat Literatur dalam Versi Lengkap

Beberapa literatur yang ditemukan di Google Scholar bisa diakses dalam versi lengkap. Caranya adalah dengan mengklik tautan yang tersedia di sebelah kanan judul, yang biasanya dalam format PDF atau HTML.

 - Kustomisasi Preferensi Pencarian

Google Scholar memiliki fitur pencarian lanjutan yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pencarian mereka berdasarkan penulis, judul, atau tanggal publikasi. Ini akan sangat membantu mempersempit hasil pencarian dan menemukan literatur yang paling relevan.

BACA JUGA:Bahaya Pemberian Gadget pada Anak Usia Dini: Dampak yang Perlu Diwaspadai

BACA JUGA:Manfaat Sunrise untuk Kesehatan Fisik dan Mental

 - Gunakan Fitur "Kutip"

Google Scholar memudahkan pengguna untuk menyertakan referensi dalam berbagai format kutipan, seperti MLA, APA, dan ISO 690. Fitur ini akan sangat membantu saat Anda ingin mengutip artikel ilmiah dengan cepat dan mudah.

 - Gunakan Fitur "Koleksiku"

Fitur ini memungkinkan pengguna menyimpan artikel atau literatur yang ingin dibaca nanti. Anda dapat membuat daftar bacaan dan mengaksesnya kapan saja. Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus login terlebih dahulu ke akun Google.

Cara Membuat Akun Google Scholar

Untuk menggunakan semua fitur di Google Scholar, Anda harus memiliki akun Google. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuatnya:

1. Buka situs Google Scholar di [scholar.google.com](https://scholar.google.com).

2. Klik "Buat Akun" dan ikuti panduan yang ada.

3. Masukkan nama, nama pengguna, dan kata sandi yang diinginkan.

Kategori :