Di Geragai Tanjab Timur, SKK Migas PetroChina Gelar Launching Cafe Literasi dan Festival Literasi

Kamis 29-08-2024,12:13 WIB
Reporter : Harpandi
Editor : Edo Adri

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd Launching Cafe Literasi dan Gelar Festival Literasi Geragai di Perpustakaan Cendikia yang beralamat di Jl. Siliwangi Kelurahan Pandan Jaya, Kecamatan Geragai, Kamis 29 Agustus 2024.

Puluhan orang menghadiri kegiatan launching festival literasi, peluncuran cafe literasi dan talk show "Membangun Sinergi Gerakan Literasi" yang berlokasi di area operasi PetroChina International Jabung Ltd Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjab Timur.

Kegiatan yang digelar oleh SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd bekerjasama dengan pemuda-pemudi pegiat literasi ini memiliki tujuan yang sangat positif dan disambut baik oleh berbagai pihak.

Hadir dalam acara, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd yang diwakili oleh Field Admin Superintendent, Sugiarto, Government and Relation Superintendent, Lasno, CSR & Comdev Supervisor PetroChina International Jabung Ltd, M. Yuda Ramdani. Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi Dr. Adi Budiwiyanto, M.Hum, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah TanjabTim yang diwakili oleh Kabid PAUD dan DIKMAS Halidi S.Pd., Camat Geragai Eduard Aidi S.Km,  Lurah Pandan Jaya Sanuddin SE, Ketua Forum Pegiat Literasi Jambi Fajrin Nurpasca SP, para Kepala Sekolah lingkup Kecamatan Geragai, RT dan RW setempat serta para tamu undangan lainnya.

BACA JUGA:Anggota DPRD Merangin Periode 2024-2029 Resmi Dilantik, Berikut Daftar 35 Namanya

BACA JUGA:Karhutla di Lahan Gambut Jambi Meluas, Ini Datanya

Sugiarto saat membacakan sambutan Kepala PetroChina International Jabung Ltd mengatakan, atas berlangsungnya kegiatan ini yang dihadiri oleh pemangku kepentingan, komunitas dan para tamu undangan, tentunya menjadi apresiasi yang luar biasa oleh pihaknya.

"Kita yang hadir dalam kegiatan ini tentunya memiliki visi dan misi yang sama. Yaitu untuk mendorong terciptanya pendidikan yang inklusif, yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat, dengan mendekatkan aksesibilitas ke masyarakat, salah satunya melalui gerakan literasi ini," ucapnya.

Dirinya menuturkan, buku merupakan jendela dunia. Melalui buku, setiap orang dapat menjelajahi berbagai tempat, mengenal berbagai budaya dan belajar dari pengalaman orang lain.

"Literasi bukan hanya sekedar membaca dan menulis, tetapi juga tentang memahami dunia disekitar kita dan mampu berpikir kritis," tuturnya.

BACA JUGA:Telkomsel Raih Penghargaan Lestari Awards 2024, Konsisten Terapkan Proses Bisnis Berkelanjutan Sesuai Prinsip

BACA JUGA:Pasangan Masnah - Zulkifli Programkan Seragam Sekolah Gratis dan Pengobatan Gratis

Dalam era digital seperti sekarang ini, literasi memiliki peranan penting. Setiap orang dituntut mampu menyaring informasi yang begitu banyak dan cepat.

"Literasi membantu kita untuk membedakan mana yang benar dan mana yang tidak benar, serta membantu kita dalam mengambil keputusan yang benar dan tetap," ungkapnya.

Melalui Program Pengembangan Masyarakat di Bidang Pendidikan dalam kegiatan Gerakan Literasi, SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd dalam beberapa tahun terakhir sangat aktif mendorong tumbuhnya dan peningkatan literasi ditengah masyarakat. Khusus di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd telah membangun 4 perpustakaan desa dan memberikan bantuan 1 unit mobil perpustakaan keliling serta 1 unit perpustakaan keliling roda tiga yang berada di Kecamatan Mendahara.

Kategori :