Bikin Bayi Kenyang dan Sehat, Ini 10 Tips agar ASI Lancar Selama Menyusui

Selasa 23-07-2024,08:18 WIB
Reporter : Surya Elviza
Editor : Surya Elviza

, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Air Susu Ibu (ASI) merupakan asupan penting bagi bayi terutama saat berusia 1000 hari pertama. Tak sedikit para ibu yang kesulitan dalam memproduksi air susu mereka.

Sehingga tak sedikit juga bayi yang tak bisa maksimal mendapatkan ASI. Sebab, banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa ibu yang menyusui tidak bisa maksimal dalam memproduksi ASI.

Padahal, menyusui adalah proses alami yang memberikan banyak manfaat bagi bayi dan ibu. Namun, beberapa ibu mungkin menghadapi tantangan dalam menjaga produksi ASI yang cukup. 

Beberapa ibu mungkin bisa menyusui dengan lancar setiap harinya. Ia memiliki produksi ASI yang melimpah serta punya kandungan nutrisi terbaik. 

BACA JUGA:Buka Pendidikan Bintara Polri Gelombang II Tahun 2024, Ini Pesan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono

BACA JUGA:Buka Pendidikan Bintara Polri Gelombang II Tahun 2024, Ini Pesan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono

Namun, tak sedikit ibu yang mengalami banyak tantangan selama menyusui. Termasuk tantangan ketika mendapati ASI tak lancar.

Berikut 10 tips agar produksi ASI lancar :

1. Pijat Payudara

Memijat payudara secara lembut sebelum dan selama menyusui bisa membantu memperlancar aliran ASI. Pijatan ini juga akan merangsang kelenjar susu dan membantu mengosongkan payudara dengan lebih efektif.

2. Pertimbangkan Suplemen Laktasi

Beberapa ibu mungkin memerlukan suplemen untuk meningkatkan produksi ASI. Konsultasikan dengan dokter atau konsultan laktasi sebelum mengonsumsi suplemen apa pun.

 Beberapa suplemen yang dikenal terbilang cukup membantu termasuk fenugreek, blessed thistle, dan daun katuk.

3. Pompa ASI

Jika bayi tidak bisa menyusu langsung atau jika Mom perlu meningkatkan produksi ASI, memompa ASI secara teratur akan menjadi solusi.

Kategori :