Mempercepat Penuaan, Kurangi Konsumsi 7 Makanan yang Bisa Membuah Kulit Cepat Keriput

Jumat 19-07-2024,11:33 WIB
Reporter : Surya Elviza
Editor : Surya Elviza

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ini 7 makanan yang bisa membuat kulit cepat keriput. Makanan ini akan sangat berpengaruh terhadap kulit Anda. Jika dikonsumsi, maka akan cepat mendorong penuaan dini.

Untuk itu, Anda harus mengkonsumsi makanan sehat yang tentunya akan berguna untuk menjaga kesehatan. Ada banyak pengaruh positif yang bisa didapat dari makanan sehat, tapi sayangnya ada pengaruh negatif juga jika konsumsinya terlalu banyak meskipun sebenarnya sehat.

 Salah satu pengaruh negatif jika makan makanan sehat yang tidak tepat adalah terjadinya penuaan dini sehingga mempercepat timbulnya keriput pada kulit.

Berikut 7 makanan yang mempercepat penuaan :

1. Garam

Garam sangat dibutuhkan oleh tubuh karena merupakan mineral penting yang berperan vital dalam berbagai fungsi tubuh seperti menjaga keseimbangan cairan tubuh, menjaga fungsi saraf dan otot hingga menjaga fungsi kognitif, keseimbangan pH dan memperkuat sistem imun tubuh. 

BACA JUGA:Pj Bupati Muaro Jambi Raden Najmi Tandatangani NPHD Kepada Kodim 0415/Jambi Untuk Pengamanan Pilkada 2024

BACA JUGA:Mobil Off-Road Listrik Pertama di Indonesia, Ini Penampakan Chery iCar 03

Tapi sayangnya kebanyakan makan makanan asin dengan kandungan garam tinggi bisa meningkatkan inflamasi sehingga dapat mengurangi elastisitas kulit bahkan meningkatkan risiko penyakit jantung karena memicu tekanan darah tinggi dan pengentalan darah.

2. Karbohidrat

Seperti yang kita tahu, karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh sehingga kita pasti butuh makanan mengandung karbohidrat setiap harinya untuk bisa berfungsi dengan baik. Tapi sayangnya tinggi karbohidrat juga bisa meningkatkan risiko kegemukan dan membuat organ tubuh cepat menua karena memicu respons peradangan.

Peradangan bisa merusak sel-sel tubuh, tidak terkecuali sel-sel kulit sehingga sulit regenerasi dan mudah timbul keriput atau kulit kusam. Karbohidrat juga dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah dengan cepat sehingga kerusakan kulit dan penuaan dini.

3. Gula

Konsumsi gula berlebihan dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang seperti diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi hingga penuaan dini karena konsumsi gula berlebihan dapat merusak kolagen dan elastin, protein yang menjaga kulit tetap kenyal dan awet muda. 

Hal ini dapat menyebabkan keriput, garis halus, dan kulit kendur. Bahkan kelebihan konsumsi gula mudah membuat mengganggu fungsi otak dan meningkatkan risiko depresi, kecemasan, dan demensia.

Kategori :