Hendri lebih lanjut menambahkan, seiring dengan pertumbuhan pendapatan dari bisnis digital yang kini telah berkontribusi lebih dari 84,4 persen dari total pendapatan perusahaan, Telkomsel konsisten melanjutkan peta jalan transformasi melalui perluasan portofolio bisnis digital.
Salah satunya melalui INDICO sebagai anak usaha pada sektor digital sekaligus holding company yang menaungi sejumlah anak perusahaan dari emerging portofolio bisnis vertikal Telkomsel di sektor digital, seperti Fita (health-tech), Kuncie (edu-tech), dan Majamojo (gaming). Kini, INDICO tengah mengembangkan ekosistem digital Indonesia di sektor agrikultur melalui pengembangan Platform Digital Food Ecosystem (DFE).
BACA JUGA:Subhanallah! Loper Koran Naik Haji, Buah Manis Perjuangan Setelah 25 Tahun Menabung
Platform ini mengimplementasikan solusi pertanian berbasis teknologi di 40 hektar sawah di Kabupaten Wonogiri yang turut memberdayakan sekitar 50 petani padi lokal untuk meningkatkan produktivitas produk pertanian.
Telkomsel senantiasa tetap relevan menghadapi berbagai tantangan di industri telekomunikasi dengan bertransformasi ke arah bisnis digital, baik untuk segmen Business-to-Business (B2B) maupun Business-to-Consumer (B2C). Sejumlah langkah yang dilakukan antara lain dengan memperkuat platform digital layanan MyTelkomsel yang mampu memetakan profiling kebutuhan tiap pelanggan.
Selain itu, untuk layanan digital lifestyle, Telkomsel juga memperluas model bisnis layanan streaming video MAXstream yang kini memperkuat peran menjadi publisher sejumlah film yang tayang di bioskop, yang berkolaborasi dengan sejumlah rumah produksi dan sineas lokal.
Untuk segmen B2B, melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise yang fokus menghadirkan solusi bisnis untuk pelanggan korporasi, industri, serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), hingga instansi pemerintah, melalui portofolio layanan lengkap yang dapat disesuaikan, mulai dari layanan konektivitas, advanced network services termasuk private network, solusi komunikasi dan kolaborasi, consumer insight, digital advertising, financial services, cloud management, cyber security, fleet management dan Internet of Things (IoT).
Dalam menjaga proses bisnis berkelanjutan (sustainable business) yang memiliki dampak bernilai tambah bagi masyarakat dan lingkungan, serta mewujudkan keselarasan bisnis Telkomsel dengan keberlangsung lingkungan hidup yang mengacu pada penerapan prinsip Environment, Social dan Governance (ESG), Telkomsel meluncurkan inisiatif tanggung jawab sosial ‘Telkomsel Jaga Bumi’ dengan program unggulan yang mencakup pengelolaan waste management, carbon offset, digitalization support ekosistem hutan bakau (mangrove), hingga program dalam membantu mengurangi emisi karbon di Indonesia melalui program bundling paket data Telkomsel dengan motor listrik.
BACA JUGA:J Trust Bank Jalin Kerja Sama dengan MNC Life untuk Produk Asuransi Jiwa Kredit
Telkomsel senantiasa memastikan pengembangan sumber daya manusia sebagai aset utama untuk memiliki kapabilitas yang unggul di sektor industri digital. Hal tersebut tercermin juga melalui perluasan struktur organisasi untuk talenta yang memiliki keahlian berbasis teknologi digital, seperti Data Scientist, UI/UX Designer, Digital Marketing Specialist, Software Developer, hingga Machine Learning Engineer. Sejumlah solusi dan layanan kepada pelanggan juga dihasilkan dari inovasi inhouse project para talenta di Telkomsel, seperti layanan Telkomsel MSight dan produk prabayar digital By.U. Untuk mewadahi semangat inovasi tersebut, Telkomsel menggelar Program Polaris Ideation yang membuka ide dari karyawan, yang nantinya difasilitasi mulai dari mentorship, bootcamp, pendanaan, hingga reward.
“Kami akan terus menjaga kepercayaan yang telah diberikan dalam melayani dan mendampingi seluruh Bangsa Indonesia untuk #BersamaJadiTerdepan memajukan ekosistem digital di Tanah Air. Ke depan, kami berkomitmen terus bertumbuh dan berkembang, membuka lebih banyak peluang kemajuan yang berkelanjutan bagi bangsa, serta konsisten mengambil peran terdepan dalam menguatkan pertumbuhan inklusi ekosistem digital nasional secara lebih menyeluruh,” tutup Hendri.
Berbagi kemeriahan hari jadi ke-28 sekaligus mengapresiasi seluruh pelanggan setia, Telkomsel menghadirkan beragam program loyalitas pelanggan yang dapat diperoleh dengan menukarkan Telkomsel Poin, seperti Promo Kuota Hepi untuk bisa mendapatkan ekstra data 28 GB, Promo Anniversary Flash Sale untuk mendapatkan diskon spesial di 33 mitra pilihan seperti McDonalds, KFC, Eatlah, Hoka Hoka Bento dan lainnya, hingga Program Anniversary Give Away untuk mendapatkan pulsa senilai Rp 50 ribu. Untuk info lebih lanjut terkait seluruh program loyalitas tersebut dapat diakses melalui Aplikasi MyTelkomsel, akun Instagram @telkomselpoin dan @telkomsel. *