Inovasi Penuhi Kebutuhan Pangan, Satgas TNI Yonif 142/KJ Manfaatkan Lahan Tidur untuk Bercocok Tanam

Inovasi Penuhi Kebutuhan Pangan, Satgas TNI Yonif 142/KJ Manfaatkan Lahan Tidur untuk Bercocok Tanam

TNI saat bercocok tanam -Ist-

YALIMO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ketahanan pangan adalah ketersediaan pangan dan kemampuan seseorang untuk mendapatnya yang merupakan kebutuhan dasar dan utama bagi setiap orang yang harus dipenuhi setiap saat. 

Untuk mewujudkan ketahanan pangan secara bertahap, Satgas Pamtas RI-PNG kewilayahan Kabupaten Yalimo Yonif Raider 142/KJ yang berada di wilayah Distrik Elelim melakukan kegiatan berupa bercocok tanam dengan cara membuka lahan tidur yang berada di sekitar lingkungan Pos Satgas TNI sehingga diharapkan dapat berguna bagi masyarakat kampung dan personel Satgas, Kampung Elelim, Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Jumat 6 Mei 2022.

Dalam kegiatan tersebut, Satgas bekerjasama dengan pihak SMAN 1 Elelim dengan tujuan sekaligus mendidik dan mentransfer pengetahuan dalam bidang pertanian dan perkebunan kepada para siswa SMA, sekaligus pemenuhan kebutuhan masyarakat dan keterampilan tentang tata cara bercocok tanam.

Adapun kegiatan bercocok tanam telah dilakukan beberapa waktu lalu, sedangkan saat ini membuka lahan baru untuk ditanami mulai dari 4 hingga 5 Mei 2022 dengan membersihkan lahan dan mencangkul serta menanam bibit-bibit yang telah disiapkan sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA:UBS Cerah Bun, Ini Harga Emas Pegadaian pada Jumat 6 Mei 2022 

BACA JUGA:Ini Bocorannya, Kawasaki Ninja ZX-6R 2023 Siap Gairahkan Pasar Motor 600 Cc

Dalam keterangannya, Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ Letkol Inf Esnan Haryadi melalui Perwira Teritorial (Pater) Satgas Letda Inf Indar Mawan Sinaga, bahwa kegiatan ini diharapkan berguna bagi masyarakat karena nantinya akan dibagikan secara cuma-cuma kepada warga.

"Ini semua untuk warga, mengingat kebutuhan pokok khususnya Elelim sangatlah terbatas, sehingga personel Satgas haruslah berinovasi dalam memenuhi kebutuhan pokoknya dengan cara membuka lahan tidur, dan melakukan aktivitas bercocok tanam," kata Letda Inf Indar.

"Kami menanam ubi, terong, cabai bayam, kangkung. Saya berharap apa yang telah kita lakukan ini dapat berguna bagi seluruh personel, demi terpenuhinya kebutuhan pokok warga dan kita semua," ujar Pasiter Letda Inf Indar.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: