Rutinkan Baca Yaasin Setiap Pagi

Rutinkan Baca Yaasin Setiap Pagi

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI - Sejak November 2021 lalu, siswa-siswi di SMP Adhyaksa Kota Jambi, mulai rutin membaca surat Yaasin setiap pagi, sebelum memulai pembelajaran. Para guru yang mengajar di waktu pagi, akan memimpin pembacaan surat tersebut.

Kepala SMP Adhyaksa Kota Jambi, Imelda Aisah Sarip mengatakan, pembacaan surat Yaasin tersebut, mulai dilakukan sejak dirinya memimpin sekolah ini.

Kata dia, ini merupakan inovasi, agar siswa memulai pembelajaran dengan baik. Meskipun bukan sekolah berbasis Islam terpadu, dirinya menyebut tetap mengedepankan nilai plus ini.

"Walaupun bukan SMP IT, tapi ada plusnya, dengan tetap berbasis Islam. Namun, untuk siswa beragama non Islam, tentu juga ada guru agamanya," katanya.

Imelda mengatakan, sejak dilantik pada Agustus lalu, ada banyak hal yang akan diinovasikannya di sekolah ini. Mulai dari penambahan ekstrakurikuler dan program lainnya, yang dapat mengasah bakat dan minat siswa, sehingga meraih prestasi.

"Sekarang yang baru berjalan pembacaan Yaasin ini. Ke depan, mungkin di tahun ajaran baru, akan kita laksanakan program lainnya," ujarnya.

Mengingat, saat ini memang jam belajar masih dilakukan terbatas. Hanya 4 jam dalam sehari. Namun pihaknya tetap melakukan PTM menyeluruh bagi siswa kelas 7, 8, dan 9.

"Karena memang siswa kita tidak banyak. Total ada 53 siswa. Satu kelas rata-rata 18 orang hingga 22 orang," kata dia.

Sehingga, lanjutnya, pembelajaran tatap muka dapat dilakukan secara menyeluruh. Untuk kelas yang siswanya lebih dari 22 orang, akan dibagi menjadi dua kelas.

Imelda berharap, ke depan kepercayaan dan minat orangtua siswa untuk menyekolahkan anaknya ke Adhyaksa, kembali meningkat. Terlebih, dengan inovasi-inovasi yang tengah berjalan dan yang masih dalam perencanaan.

"Karena memang saat ini ada penurunan jumlah siswa. Pertama, memang lantaran pandemi Covid-19, sehingga mungkin pendapatan masyarakat menurun. Karena di sini kan ada biaya bulanan. Tapi seiring dengan melandainya Covid-19, kita harap ekonomi masyarakat membaik dan Adhyaksa menjadi pilihan," tandasnya. (tav/enn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: