Unik, Danramil Telanaipura Bersama Gatot Kaca Ajak Vaksinasi Anak SDN 120 Kota Jambi

Unik, Danramil Telanaipura Bersama Gatot Kaca Ajak Vaksinasi Anak SDN 120 Kota Jambi

 
JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, Kota Jambi, Jambi -  Masyarakat Indonesia sebagian besar tahu dan tidak asing lagi dengan tokoh pewayangan bernama Gatotkaca. Dalam pewayangan, ia dikenal dengan sebutan Satrio Pringgondani "otot kawat tulang besi". Ia digambarkan sebagai tokoh super, populer, dan pemberani.
 
Kendati hanya digambarkan sebagai tokoh fiksi dalam cerita pewayangan, Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, mewujudkan kehadiran tokoh tersebut pada saat pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan di SDN 120/IV Kota Jambi, Rabu (12/1).
 
Tujuan didatangkannya tokoh tersebut yakni sebagai sarana edukasi tentang keperkasaan sang tokoh kepada anak-anak yang mulai ketakutan dengan adanya vaksinasi, juga menepis anggapan bahwa vaksinasi tidak mendatangkan manfaat bagi kesehatan.
 
"Tokoh gatot kaca sengaja didatangkan pada saat pelaksanaan vaksinasi di SDN 120/IV ini, agar anak-anak dan para orangtua terhibur dan jadi pemberani, sehingga rasa ketakutan yang menyelimuti mereka dapat sirna dengan seketika karena adanya gatot kaca," ujar Mayor Widi.
 
Dijelaskan lebih lanjut bahwa selain menghibur, kedatangan tokoh gatot kaca secara filosofi dapat dipetik pelajarannya yakni setia pada tugas sampai pada titik terakhir. Yang paling heroik dari seorang gatot kaca saat dalam perang Baratayuda, yaitu ia bisa saja pergi dan menghilang tapi dia menyelesaikan tugasnya hingga gugur di medan perang. 
 
"Pelajaran inilah yang harus dianut oleh para Babinsa saat menerima tugas. Pada dasarnya saya memberi edukasi kepada Babinsa lewat pertunjukan yang sederhana dan penuh kreativitas," jelas Danramil. 
 
Kehadiran tokoh gatot kaca pada saat pelaksanaan vaksinasi di SDN 120/IV Kota Jambi, benar-benar membuat anak-anak terkejut, dan sangat antusias menikmati pertunjukan yang berlangsung hingga rasa ketakutan sebelumnya terlihat mulai hilang, anak-anak menjadi lebih santai dan tenang saat divaksin. (dra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: