Dukcapil Perbaiki Data Peserta Vaksin

Dukcapil Perbaiki Data Peserta Vaksin

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, SENGETI - Empat orang tim validasi konsolidasi dan verifikasi nomor induk kependudukan diterjunkan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Tim ini  dalam rangka menyukseskan vaksinasi massal yang diselenggarakan Pemkab bekerjasama dengan TNI/Polres Muarojambi. 

Sejak dibuka pada pukul 08.00 Wib hingga pukul 11.30 Wib, sudah ada 50 orang lebih yang mengadukan KTP dan KK bermasalah. Seperti dikeluhkan Adnan. Dia harus mendatangi petugas dukcapil karena kartu keluarga bermasalah. Selain itu, ditemukan juga warga mebawa kartu keluarga lama saat vaksin, sehingga tidak dapat diakses petugas.

“Tadi (kemarin, red) karena buru-buru, saya mebawa kartu keluarga yang versi lama, sementara kartu keluarga yang baru sudah ada. Untung dibantu petugas dukcapil, sehingga tidak perlu repot-repot kembali ke rumah,” ungkapnya.

Setelah diperiksa petugas, akhirnya Adnan bisa mengikuti vakasinasi massal. “Alhamdulillah akhirnya saya bisa bisa vaksin. Ini merupakan vaksin pertama saya dan istri, dan saya juga ajak beberapa tetangga untuk vaksin. Saya mengajak warga agar kita selalu mematuhi protokol kesehatan, menjaga jarak, tidak berkerumun, dan menngunakan masker,” katanya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muarojambi, Zakaria, mengatakan, keempat tenaga validasi konsolidasi dan verifikasi (NIK) sengaja diturunkan dalam kegiatan vaksinasi massal. Mereka ditugaskan untuk memperbaiki, jika terjadi kesalahan data kependudukan seperti KK dan KTP saat melakukan pendaftaran vaksinasi di meja panitia vaksin. 

"Untuk vaksin ini kan syaratnya bawa Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga (KTP dan KK), jadi ketika ada masalah saat mendaftar di meja panitia, misalnya NIK tidak terbaca, maka warga diarahkan panitia vaksin ke petugas kita. Saat itu juga bisa langsung diperbaiki dengan petugas yang telah kita siapkan," sebutnya. 

Untuk diketahui kegiatan vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi bekerjasama dengan Kodim 0415/Muaro Jambi dan Polres Muaro Jambi di gedung serbaguna komplek perkantoran bukit cinto kenang sengeti ini, diadakan selama Dua hari yaitu 4-5 September 2021.

“Permasalahan karena KK saya belum menggunakan versi KK online, ada juga yang membawa KK lama. Namun setelah di cek, ternyata KK baru sudah ada, mungkin mereka salah bawa saja. Nah, agar mereka tetap bisa mendaftar di meja panitia vaksin, maka kita berikan catatan, supaya bisa di proses petugas vaksinasi," tambahnya. (ira)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: