Desa Kotorendah Ditunjuka sebagai Desa Wisata

Desa Kotorendah Ditunjuka sebagai Desa Wisata

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KERINCI - Desa Kotorendah, adalah salah satu desa yang ditunjuk sebagai Desa Wisata tahun 2021 oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kerinci. Desa Kotorendah ditunjuk sebagai Desa Wisata, Seni, dan Budaya.

Helmawi, Kepala Desa Kotorendah, Kecamatan Siulak, membenarkan penunjukkan itu. Untuk menyambut keinginan Dinas Pariwisata PKK Desa Koto Rendah menemukan kuliner baru yang belum ada sebelumnya. Yakni dendeng jantung pisang yang memiliki rasa yang khas dan tentu saja enak.

Desa Kotorendah ditunjuk sebagai Desa Wisata, Seni, dan Budaya menindaklanjuti penumuan kuliner Dendeng Jantung pisang oleh Dinas Pariwisata PKK Desa Kotorendah, yang dipimpin Sukasni.

"Saat ini sedang dilakukan lomba PKK. Ibu PKK Koto Rendah suguhkan Dendeng Jantung Pisang dan Dendeng Daun Sirih kepada panitia kecamatan, di samping kuliner lain," ungkapnya.

Helmawi mengatakan, tahun 2022 mendatang, Dana Desa akan fokus pada Bumdes dan kuliner baru Temuan PKK Koto Rendah ini.

"Sesuai arahan Dinas, Dana Desa akan fokus pada Bumdes. Salah satunya adalah pengelolaan kuliner. Untuk kuliner Dendeng Jantung Pisang, tentu disiapkan lahan untuk menanam pisang," terangnya.

Ditambahkan Helmawi, tidak hanya dari segi kuliner saja, seni dan budaya juga akan dikembangkan.

“Karena sebagai Desa Wisata, tentu kita harus siap menyambutnya. Kesenian rangguk, pencak silat akan kita kembangkan," ungkapnya.  (sap/enn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: