Wabup Batanghari Paparkan Program Prioritas Pembangunan dalalam RPJMD Provinsi Jambi

Wabup Batanghari Paparkan Program Prioritas Pembangunan dalalam RPJMD Provinsi Jambi

 
JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, MUARABULIAN - Wakil Bupati Kabupaten Batanghari, Bakhtiar memaparkan tentang program prioritas pembangunan di wilayah Kabupaten Batanghari, pada Kamis (9/9). Ini dia sampaikan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Provinsi Jambi 2021-2026.
 
Ada beberapa program prioritas pembangunan di Kabupaten Batanghari, yang perlu dukungan dari Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Pusat. 
 
Di antaranya, pengembangan komoditas unggulan yang diharapkan dapat menjadi penyangga Provinsi Jambi dan Kota Jambi. Baik itu dari sektor perkebunan, pertanian, tanaman pangan, perikanan, peternakan dan kehutanan. 
 
Selanjutnya, pengembangan komoditas unggulan tersebut diharapkan dapat menjadi sumber bahan baku industri dan hasil olahan produk pertanian yang menjadi unggulan di Provinsi Jambi. 
 
Setelah itu, lanjutnya, program penurunan angka stunting turut menjadi prioritas, sesuai dengan arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait dengan penurunan angka stunting di daerah. Kemudian penurunan angka kemiskinan melalaui program peningkatan kapasitas rumah warga tidak mampu. 
 
"Yang diimplementasikan dalam bentuk pemberian bantuan dalam bidang pertanian kepada masyarakat yang tidak mampu," ujarnya.
 
"Diantara dari beberapa program prioritas pembangunan tersebut, diperlukan dukungan pembangunan infrastruktur dasar terkait jalan serta jembatan," tambahnya.
 
Bahktiar juga menjelaskan, kepada komoditas unggulan, Pemkab Batanghari mendesain untuk melakukan pengembangan hasil pertanian, perkebunan, tanaman pangan, peternakan dan perikanan yang terintegrasi. 
 
Hal tersebut dapat dilakukan melalaui program tumpang sari antara tanaman perkebunan dengan peternakan ataupun pertanian dengan perikanan. 
 
Adapun saat ini, perkebunan kelapa sawit dan karet produksinya masih belum produktif. "Inilah yang akan di integrasikan agar menjadi lebih menjadi produktif," tandasnya.(*/sub)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: