Polda Jambi Siapkan 20 Personel Pengamanan Atlet PON Papua

Polda Jambi Siapkan 20 Personel Pengamanan Atlet PON Papua

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI - Dalam rangka mendukung para Atlet yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, Polda Jambi menyiapkan pasukan pengamanan dan pengawalan kepada Atlet yang akan berlaga. Pembukaan acara Pra Operasi ini, dilakukan di Makosat Brimob Polda Jambi, Rabu (15/9).

Kabag Bin Ops Polda Jambi, AKBP Heru Hidayat DJ mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 20 personel dalam rangka pengamanan atlet Provinsi Jambi.

"Kita siapkan total 20 personel ya, jadi dari 20 personel tersebut kita bagi sesuai rundown acara yang diberikan oleh PB Koni, yakni 7 personel di Kota Jayapura, 7 personel di Kabupaten Jayapura, 4 personel di Kabupaten Mimika dan 2 personel di Kabupaten Merauke," ujar AKBP Heru.

Heru menambahkan, perintah langsung dari Kapolri, personel yang akan melakukan pengamanan di Papua nanti akan diberikan semacam pelatihan dan materi khusus agar dapat beradaptasi dengan baik di sana.

"Tadi kita sudah dengarkan materi dari bapak Eliezer Thomas, tokoh masyarakat Papua yang ada di Provinsi Jambi, beliau menyampaikan kiat-kiat agar personel dapat beradaptasi disana, kemudian ada materi dari Bidokkes Polda Jambi, mengenai pandemi Covid-19 dan penyakit malaria yang ada disana, jadi disiapkan semuanya agar proses pengamanan dapat berjalan dengan baik," pungkasnya.

Selain itu dalam dua hari ke depan, personel juga akan mendapatkan pelatihan menembak dan pelatihan jika dalam situasi genting.

"Dari 20 personel yang akan berangkat ini kan, hanya segelintir yang pernah bertugas di Papua, jadi pelatihan ini berikan agar mereka mengerti adat istiadat disana, dan hal-hal yang dilarang," pungkasnya.

Para personel pengamanan ini akan berangkat ke Papua dalam 3 kelompok terbang, yang pertama tanggal 19 September, lalu 24 September dan yang terakhir 25 September. (dra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: