Polri Sebut Perubahan Seragam Baru Satpam Hanya Sebagian

Polri Sebut Perubahan Seragam Baru Satpam Hanya Sebagian

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - SERAGAM satpam belakangan ini memiliki kemiripan dengan pakaian dinas Polri. Ke depan, baju dinas petugas sekuriti itu diubah lagi, tetapi tidak signifikan. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, perubahan pada seragam baru satpam tidak banyak.

BACA JUGA : Polisi Bakal Ganti Warna Seragam Satpam, Ini Alasannya

Perubahan signifikan terjadi di bagian baju. Sebelumnya berwarna cokelat mirip seragam Polri, kini menjadi warna krem.

“Rencananya itu pergantian atasan atau baju saja. Baju yang warnanya cokelat muda menjadi krem. Artinya, tidak mengubah secara total masih ada sedikit kemiripan,” kata Ramadhan kepada wartawan, Rabu (19/1).

BACA JUGA : COVID-19 Ngegas Terus, Jakarta Ngeri-Ngeri Sedap

Dengan begitu, masyarakat bisa lebih mudah membedakan antara satpam dan anggota polisi. Sedangkan bagian celana tetap mempertahankan warna cokelat tua, seperti seragam polisi.

“Ini supaya tidak bingung ketika ada masyarakat ingin melaporkan kepada kepolisian, bisa tahu itu polisi atau satpam,” imbuhnya.

Polri tetap mempertahankan adanya kemiripan seragam satpam dengan anggota polisi. Pasalnya, satpam dinilai sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas, sehingga harus memiliki identitas sendiri.

Adapun kesamaan antara seragam satpam dan polisi yakni tetap memakai logo Polda setempat. Sedangkan untuk papan nama, satpam memakai warna dasar putih, sedangkan Polri hitam, lalu perbedaan lainnya juga di pakaian dinas lapangan (PDL).

“Jadi awalnya kenapa putih biru, itu memberikan kehadiran fungsi-fungsi kepolisian di masyarakat sehingga dapat menimbulkan rasa aman di masyarakat,” pungkas Ramadhan.(radarcirebon.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: