Warek I UM Jambi Irmanelly, Raih Gelar Doktor Nilai A

Warek I UM Jambi Irmanelly, Raih Gelar Doktor Nilai A

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah (UM) Jambi Irmanelly berhasil meraih gelar doktor pada ujian promosi Doktor Ilmu Ekonomi di kampus Universitas Negeri Jambi (UNJA) Telanaipura, Kota Jambi, Selasa (22/3).

Dengan disertasi berjudul "Inklusivitas Pertumbuhan Ekonomi Provinsi-Provinsi di Sumatera", Irmanelly berhasil menjawab pertanyaan dengan baik.

Dalam disertasinya, Irmanelly menjelaskan bagaimana pertumbuhan ekonomi provinsi di Sumatera. Ia menyebutkan variabel tenaga kerja, belanja modal, lapangan usaha dan infrastruktur berpengaruh signifikan terhadap ekonomi provinsi di Sumatera.

"Pertumbuhan ekonomi iklusif melalui tiga pendekatan indikator UNDP seperti kemiskinan, ketimpangan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja di Sumatera berada dalam kondisi inklusif memuaskan dengan nilai dimensi sebesar 0,49," paparnya.

Baca Juga: BREAKING NEWS! Mayat Terapung di Babel Dipastikan Korban KM Sumber Daya

Baca Juga: SIPADEK dan SiPATEN Dianggap Bisa Lebih Menghemat

Sedangkan untuk variabel Asian Development Bank (ADB) melalui indikator pembangunan gender, lanjut Irmanelly, angka harapan hidup dan rata-rata lama sekolah adalah sebesar 0,57 atau dalam kondisi inklusif menengah.

"Kemudian hasil perhitungan dengan model inklusif untuk model World Economic Forum (WEF) melalui indikator seperti keuangan, perlindungan sosial dan indeks perilaku anti korupsi berada dalam dengan nilai dimensi rata-rata sebesar 0,61 atau dalam kondisi inklusif rendah," terangnya.

Irmanelly menambahkan, jika dilihat dari gabungan tiga model UNDP, ADB dan WEF memperlihatkan kondisi dimensi rata-rata inklusifitas provinsi-provinsi di Sumatera adalah 0,56. "Dengan tingkat inklusif menengah," ujarnya.

Dari hasil penelitian tersebut, Irmanelly menyarankan pada pemerintah provinsi-provinsi di Sumatera berkolaborasi dari segi peningkatan mutu tenaga kerja melalui pembangunan pendidikan unggulan di Sumatera yang berbasis pada IT.

Baca Juga: Di Jambi, Ada 107 Orang Calon Penerima Beasiswa S1 dan S3

Baca Juga: Cepat Klaim Kode Redeem FF untuk Rabu 23 Maret 2022

"Selain itu perlu juga kolaborasi dalam membangun infrastruktur antar provinsi melalui pembiayaan bersama yang didukung oleh belanja modal daerah," pungkasnya.

Tim penguji internal sidang promosi doktor Irmanelly diketuai oleh Dr Sofia Amin, M.Si, Sekretaris Prof. Dr Johannes, SE, MS dengan anggota penguji Prof. Dr. M. Rachmad, R, SE, MS dan Dr. M Safri, SE, M.Si.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: