Persawahan Jadi Kampung Wisata  

Persawahan Jadi Kampung Wisata   

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI – Pemkot Jambi menginginkan, agar setiap wilayah kecamatan dalam Kota Jambi memiliki tempat wisata. Untuk itu, saat ini kelurahan-kelurahan yang berpotensi, tengah didata untuk dibina oleh Dinas Pariwisata Kota Jambi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jambi, Mariani Yanti mengatakan, pihaknya membentuk kampung wisata. Namun, dengan mengedepankan ekonomi kreatif.

“Untuk mendongkrak potensi wisata di Kota Jambi ini, harus ada ekonomi kreatifnya. Seperti, menyediakan souvenir makanan. Atau mungkin tempat penyutingan film. Ini kan menjadi pendukung ekonomi,” jelasnya.

Dirinya mencontohkan, beberapa kawasan di Kota Jambi, yang membutuhkan inovasi ekonomi kreatif adalah di kawasan Seberang, Kota Jambi.

“Di kawasan Seberang, bisa jadi tempat pusat oleh-oleh khas daerah Jambi. Kita menyebut Kampung Wisata, karena di kota tidak ada desa, adanya kan kelurahan,” katanya.

Sementara itu, salah satu kecamatan yang saat ini telah mengikuti program Kampung Wisata, yaitu Kecamatan Jambi Timur. Di sana, sawah dijadikan icon wisata.

"Sawah itu kami jadikan tempat wisata, pengunjung bisa mengambil foto dengan pemandangan yang bagus di sana," ujar Camat Jambi Timur, Vif Fairi.

Kata dia, RT 24 Kelurahan Tanjungsari, maju sebagai perwakilan Kampung Wisata dari Jambi Timur. Destinasi yang ditawarkan berupa hamparan sawah kuning dan produk khas Tanjungsari. Hal tersebut dapat mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) masyarakat.

"Mereka sangat antusias membangun Kampung Wisata di sana. Terlebih lagi dapat meningkatkan UMKM masyarakat sana. Mereka membuat, lalu menjual barang, baik itu kerajinan tangan maupun makanan," tambahnya. (mg02/tav/enn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: