Ratusan Moge Siap Mengaspal di Jambi International Bike Week 2022

Ratusan Moge Siap Mengaspal di Jambi International Bike Week 2022

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Selama beberapa hari ke depan, tepatnya sejak Jumat 25 Maret 2022 hingga Minggu 27 Maret 2022 mendatang, warga Kota Jambi harus terbiasa dengan suara serta keberadaan motor-motor besar atau motor gede (gede) di jalanan Kota Jambi.

Pasalnya, Kota Jambi menjadi tuan rumah HUT Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) ke 35 tahun 2022. Wali Kota Jambi, Syarif Fasha sekaligus Ketua IMBI Kota Jambi mengatakan, hajat ini dikemas dalam Jambi International Bike Week.

Kata dia, seluruh pencinta motor besar baik dari dalam negeri hingga Asia akan hadir di Kota Jambi. Total hingga saat ini, sudah ada 389 peserta yang mendaftar. Ini belum termasuk pecinta moge dari dalam Kota Jambi.

“Total ada sekitar 500-motor nantinya yang mengaspal di Kota Jambi. Sehingga perlu sosialisasi masif. Kita bekerja sama dengan Polresta Jambi, Ditlantas Polda Jambi, Dishub Kota Jambi serta pihaknya lainnya. Ini juga akan menjadi tontonan tersendiri bagi masyarakat,” ungkap Fasha, kemarin (23/3).

Baca Juga: Polda Jambi: Ayo Vaksin Booster, Mudik Lebaran Aman

Baca Juga: Anwar Sadat Ancam Rombak Managemen Rumah Sakit

Bahkan, Jambi Internasional Bike Week ini juga akan dihadiri langsung Ketua IMBI pusat, Komjen Pol (Purn) Mochammad Iriawan. Selain itu juga, akan ada kedatangan peserta dari Malaysia, Singapura, Thailand dan negara lainnya.

Para peserta nantinya akan datang dan disambut secara estafed oleh jajaran Ditlantas Polda Jambi dari masing-masing pintu masuk atau perbatasan Provinsi Jambi dengan Provinsi lainnya, pada Jumat (25/3) esok.

Tak hanya disambut, para peserta yang melalui jalur darat ini kata Fasha akan dikawal dan diantar langsung menuju tempat penginapan yang telah disediakan. “Ini untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Fasha.

Kemudian keesokan harinya, Sabtu (26/3), para peserta akan berkumpul di Tugu Keris Siginjai Kotabaru untuk berkumpul. Di sana nantinya akan ada atraksi safety ridding dari Satuan Polwan Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Sejumlah Honorer Merangin Belum Gajian, Ini Kata BPKAD

Baca Juga: Masa Jabatan Bupati Masnah Segera Berakhir, Ini Pesan Kepada Pj Pengganti

Selanjutnya, mereka akan dilepas Gubernu Jambi, Al Haris beserta rombongan untuk konvoi menuju Candi Muarojambi. Nantinya, konvoi ini akan dibagi menjadi beberapa rombongan. Tentunya juga dikawal dengan Kepolisian.

“Nantinya di Candi akan ada kegiatan penyaluran bansos didampingi Bupati Muarojambi. Setelah dari sana, nanti bertolak ke Danau Sipin, makan berawang di atas perahu hias,” beber Fasha.

Setelah itu, para peserta akan menuju pelataran Hotel Yellow untuk kopi darat, dan dimeriahkan dengan pameran puluhan UMKM unggulan Kota Jambi. Malamnya para peserta mengikuti acara puncak di Ball Room Hotel BW Luxury.

“Keesokan harinya mereka pulang, dan selepas itu bukan tanggung jawab panitia. Kami meminta maaf ke masyarakat, jika kegiatan kami ini dianggap menggangu,” timpal Fasha.

Baca Juga: Sejumlah Honorer Merangin Belum Gajian, Ini Kata BPKAD

Baca Juga: Dicoba Bun, Ini 5 Suplemen Kulit yang Ampuh Cegah Penuaan Dini

Lebih lanjut, pihaknya sudah meminta camat dan kelurahan untuk ikut mensosialisasikan kegiatan ini ke tengah masyarakat. Sehingga juga dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

“Secara ekonomi kegiatan ini tentu ada dampak yang lumayan. Namun memang tidak terlalu terasa, karena pesertanya hanya 500. Namun momen ini tidak sembarang daerah ditentukan sebagai tuan rumah, banyak yang mau tapi tidak bisa. Untuk Kota Jambi kita siap,” pungkasnya.

Sementara itu, Karo Ops Polda Jambi, Kombes Pol Feri Handoko  mengatakan, kegiatan Jambi International Bike Week ini tidak hanya bersifat sport. Melainkan juga ada bentuk sosial.

“Sehingga kita perlu mendukung kegiatan ini. Tujuan yang ingin kita capai, kegiatan ini dapat berjalan aman, selamat, lancar, tertib. Kami memberikan pengamanan, baik di penginapan ataupun rute ini nantinya,” singkatnya.

Sementara itu, Kaporlesta Jambi, Kombes Pol Eko Wahyudi mengatakan, dalam gelaran ini pihaknya memiliki pola pengamanan terhadap 3 sasaran. Yakni para biker, tempat kegiatan, hingga tempat yang disinggahi para peserta dan jalur yang dilalui.

“Kita dibantu Polda menurunkan 1.117 personel. 942 di antaranya kita turunkan di jalur yang akan dilalui 175 lainnya berada di lokasi. Jumlah ini di luar pengamanan yang dilakukan Dishub serta Satpol PP Kota Jambi,” singkatnya.

Sementara perwakilan Dirlantas Polda Jambi, Murfrizan menyebutkan, melalui jajarannya akan mengawal kedatangan para bikers dari sejumlah pintu masuk menuju Kota Jambi, hingga menuju tempat penginapan.

“Nanti juga akan kami bagi beberapa tim untuk pelaksanaan hari H. Kecepan yang digunakan antara 40-56 km/jam. Kita atur sedemikian rupa, rangkaian konvoinya sistem zig-zag kiri kanan ke belakang. Sehingga jika ada masalah peserta bisa mengantisipasi dengan mengeram,” jelasnya.

Setidaknya, pada bikers ini nantinya memerlukan waktu 15.30 menit menuju Candi Muarojambi dan sebaliknya menuju Danau Sipin. “Termasuk di lorong-lorong nanti akan dijaga petugas sekitar 2 orang, juga ada rekayasa lalu lintas yang kita lakukan,” pungkasnya. (zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: