Honorer Pemprov Jambi akan Diangkat PNS, Simak Penjelasannya

Honorer Pemprov Jambi akan Diangkat PNS, Simak Penjelasannya

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI, JAMBI – Kabar baik untuk tenaga honorer, khususnya di Provinsi Jambi. Terkait adanya penghapusan honorer di tahun 2023, pemerintah akan mengangkat honorer di Pemprov Jambi untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun tetap mengikuti tes yang ditetapkan pemerintah pusat.

Honor yang bekerja dengan jangka waktu 15 tahun lebih atau honorer K2 akan diprioritaskan dalam mengikuti tes Calon Pegawain Negeri Sipil (CPNS). Ada beberapa tahapan seleksi untuk mengangkat pegawai K2 ini sebagai PNS.

Baca Juga: Belum Ada Kepastian Keberangkatan Haji

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Hambali mengatakan honorer yang ingin diangkat menjadi PNS harus mengikuti tahapan pertama seleksi, yang dibuka khusus honorer K2. Kata Hambali, jika di tes yang pertama ada peserta yang tak lolos, maka akan dipindahkan ke formasi yang kosong untuk mengikuti tes kedua.

“Jadi mereka yang tak lulus dimasukkan lagi ke formasi lainnya untuk mengikuti tes. Kemudian, jika masih ada yang tak lulus juga dan ada formasi yang kososng, maka bisa diikutkan kembali dengan seleksi CPNS yang umum,” kata dia, Minggu (30/1).
Kata Hambali, mereka honorer dengan golongan K2 ini akan diprioritaskan dengan beberapa kali tes jika mereka tak lolos di tahap pertama. “Jadi kalau ada formasi yang kosong, honorer ini lah yang diutamakan. Tapi mekanismenya tetap harus daftar juga,” tambahnya.

Baca Juga: Harga Karet Merangkak Naik, Petani Mulai Bersihkan Kebun

Hambali menyebutkan, yang menjadi priorita tersebut yakni bagi honorer K2 ini akan melakukan tes yang pesertanya semua dari K2. kemudian jika ada yang tak lulus hingga berapa tahapan, mereka langsung diikut sertakan untuk tes CPNS yang umum sama seperti masyarakat lainnya yang ingin tes.

Ini merupakan salah satu bentuk penghargaan untuk tenaga honorer yang kerja sejak tahun 2005 lalu, sehingga dipermudah untuk diangkat menjadi PNS. “Tapi tetap mengikuti tes, kalau tak lulus juga di umum ya tidak akan bisa juga,” sebutnya.

Baca Juga: Asekkkk, Harga Sawit Naik Lagi, Tertinggi Sejak Puluhan Tahun

Untuk yang diprioritaskan tersebut ada beberapa sektor formasi salah satunya yakni formasi guru, kemudian formasi tenaga kesehatan, tenaga penyuluh pertanian, perikanan, peternakan dan tenaga teknis pemerntah yang sangat dibutuhkan pemerintah.

Diketahui, untuk jumlah honorer di Pemprov Jambi yang masuk di dalam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ada sebanyak 3.105 orang, sementara untuk honorer guru di Pemprov Jambi mencapai 6.200 guru. (slt/rib)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: