Satpam Wajib Tahu, Ternyata Ini Filosofi Seragam yang Baru

Satpam Wajib Tahu, Ternyata Ini Filosofi Seragam yang Baru

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Mabes Polri memutuskan untuk merubah kembali warna seragam Satuan Pengamanan (Satpam), meski seragam yang sebelumnya juga baru berusia setahun pakai.

Sempat menjadi kontroversi karena dianggap membebani satpam karena harus membeli seragam baru, namun Mabes Polri memastikan bahwa seragam terbaru tetap akan diberlakukan.

Nah, seragam baru satpam ini ternyata memiliki filosofi tersendiri.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menyebut perubahan warna seragam satpam lantaran adanya masukan dan saran ke Polri terkait hal ini.

"Pergantian seragam satpam dikarenakan ada masukan dan saran yang tentunya sangat kami hargai dan hal ini menjadi masukan untuk Polri agar masyarakat tidak bingung dan tentu ini sebagai identitas satpam sendiri," kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat, 4 Februari 2022.

Ramadhan menjelaskan perubahan warna ini mengartikan agar satpam memiliki identitasnya sendiri. Identitas itu lah yang nantinya bisa dibanggakan dari profesi satpam. 

"Tentu ini sebagai identitas satpam sendiri yang harus dibedakan merupakan kebanggaan dari pada profesi satpam sehingga seragamnya harus berbeda antara Polri sebagai pembina dan satpam sebagai anggota yang dibina," ungkap Ramadhan.

Ramadhan menjelaskan, perubahan seragam satpam hanya sebatas perubahan dibagian warna saja. Mengenai celana maupun atribut lainnya tetap sama seperti seragam lama.

"Perubahan tersebut hanya pada baju atau seragam atas, tidak terjadi perubahan pada celana. Jadi perubahannya hanya terjadi pada baju, tidak pada field cap, tali pinggang dan lain-lain," pungkas Ramadhan. 

Sebagai informasi, seragam satpam sudah resmi berganti warna sejak peringatan HUT satpam tahun ini. Banyak yang menyebut, seragam satpam yang baru mirip dengan seragam Polisi India. (Fin.co.id)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: