Tren Kenaikan Kasus Omicron Mirip dengan Delta, Begini Perbedaannya

Tren Kenaikan Kasus Omicron Mirip dengan Delta, Begini Perbedaannya

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit masih rendah, meskipun terjadi lonjakan kasus.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan hal ini terjadi karena sebagian yang terkonfirmasi merupakan kasus tanpa gejala dan bergejala ringan.

BACA JUGA : Hamil Tujuh Bulan, Siti Badriah Positif Covid-19 Varian Omicron

Menurut dia, varian Omicron memang memiliki laju penularan yang lebih cepat dibanding varian of concern lainnya, tetapi kasus kesakitan dan kematiannya lebih rendah.

"Hal ini dapat terlihat dari kondisi pasien yang dirawat di rumah sakit secara nasional masih sangat rendah. Rata-rata pasien yang dirawat di rumah sakit saat ini juga tidak bergejala dan gejala ringan," kata Nadia dalam keterangannya, Jumat (4/2).

BACA JUGA : Di Kota Jambi, Kasus Covid-19 Bertambah 25, Sembuh 1

Dia juga mengatakan tren kenaikan kasus varian Omicron memiliki kemiripan dengan Delta.

Meski begitu, Nadia menegaskan angka keterisian tempat tidur di rumah sakit jauh lebih landai. 

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes itu mengimbau masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 untuk tidak perlu ke rumah sakit.

Caranya, cukup melakukan isolasi mandiri di rumah atau isolasi terpusat, serta memanfaatkan layanan telemedisin jika tersedia, atau melapor ke Puskesmas terdekat. 

"Dengan demikian kita dapat mengurangi beban rumah sakit dan tenaga kesehatan, serta membantu menyelamatkan orang lain yang memiliki gejala sedang hingga kritis,” jelas Nadia. (mcr9/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: