Remisi Lebaran, Lapas Batanghari Usulkan 157 orang dan Bungo 312 Orang

Remisi Lebaran, Lapas Batanghari Usulkan 157 orang dan Bungo 312 Orang

BATANGHARI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Sebanyak 157 warga binaan di Lapas Kelas IIB Muara Bulian, diusulkan mendapat Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah/2022.

Kepala Lapas Kelas IIB Muarabulian, Edy Susetyo mengatakan, warga binaan yang diusulkan merupakan dari kasus pidana khusus serta pidana umum. Adapun mereka yang diusulkan, berkelakuan baik dan sudah menjalani enam bulan masa pidananya.

“Total warga binaan saat ini 247 orang, yang mendapat remisi 157 orang. Rinciannya 64 orang dari pidana khusus dan 93 dari pidanan umum, dan dua orang diusulkan bebas,” katanya.

Kalapas berharap, warga binaan yang mendapat remisi, dapat manfaatkan ilmu serta keterampilan yang sudah diperoleh di Lapas, melalui program pembinaan. Setiap usulan yang pihaknya ajukan, biasanya disetujui sesuai jumlah yang diusulkan.

Baca Juga: 2 Gudang Minyak Diduga Ilegal di Sijenjang, Dipasangi Garis Polisi

Baca Juga: Ada Lowongan Kerja di BRI Nih....Ini Dia Link Resminya

“Jadi mereka mendapatkan remisi, bisa kembali berkumpul lagi dengan keluarga dan masyarakat dapat menjalankan kehidupan dengan wajar. Serta dapat berkontribusi untuk keluarga dan lingkungan sekitarnya,” katanya.

Sementara itu, di Lapas Kelas IIB Muarabungo, diusulkan remisi untuk 312 warga binaan.

Kalapas Bungo, Ridha Ansari menerangkan, pihaknya masih menunggu putusan dari Kementerian, yang kemungkinan bisa diberikan empat hari atau tiga hari sebelum lebaran.

“SK keluar sesuai dateline dari pusat,” katanya.

Baca Juga: 80 Barang Terlarang Ditemukan di Blok Hunian WB Lapas Kelas IIA Jambi

Baca Juga: Petugas Menemukan Tiga Remaja yang Tengah Mengkonsumsi Miras dan Mabuk Lem

Menurutnya, warga binaan yang sudah berkelakuan baik, memiliki hak untuk diusulkan mendapat remisi, sesuai dengan database yang ada.

"Jadi itu pasti mereka yang punya hak, tidak akan terlewatkan, dengan sistem database pemasyarakatan yang kita usulkan ke pusat," lanjut Suhaimi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: