Manfaat Sunrise untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Sunrise untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Sunrise untuk Kesehatan Fisik dan Mental--Pixabay.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Menikmati matahari terbit atau sunrise adalah salah satu momen yang penuh manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental.

Tidak hanya menawarkan pemandangan yang menakjubkan, tetapi sinar matahari pagi juga memainkan peran penting dalam kesejahteraan fisik kita.

Berikut adalah beberapa manfaat sunrise yang dapat Anda rasakan setiap harinya.

1. Sumber Vitamin D Alami

Paparan sinar matahari pagi merupakan cara terbaik untuk mendapatkan vitamin D secara alami. Vitamin D dibutuhkan tubuh untuk memperkuat tulang, mendukung sistem kekebalan, dan membantu penyerapan kalsium.

Produksi vitamin D oleh tubuh akan optimal ketika kulit terpapar sinar matahari, terutama saat matahari baru terbit, ketika sinarnya masih lembut dan tidak berbahaya.

BACA JUGA:Manfaat Menakjubkan dari Tanaman Lidah Buaya

BACA JUGA:Memahami Thalasophobia: Ketakutan yang Menghantui Laut Dalam

2. Meningkatkan Kesehatan Mental

Menikmati keindahan matahari terbit dapat memberikan ketenangan dan menenangkan pikiran. Paparan sinar matahari pagi meningkatkan produksi serotonin, neurotransmitter yang berperan dalam meningkatkan mood.

Oleh karena itu, mengawali hari dengan melihat sunrise dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, serta meningkatkan perasaan bahagia.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sinar matahari pagi membantu mengatur siklus tidur atau ritme sirkadian. Dengan mendapatkan paparan sinar matahari saat matahari terbit, tubuh secara alami akan meningkatkan produksi melatonin di malam hari, hormon yang membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Kebiasaan bangun pagi untuk melihat sunrise dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: