Selama 2 Hari, Danrem 042/Gapu Pantau Karhutla di HLG Londrang

Selama 2 Hari, Danrem 042/Gapu Pantau Karhutla di HLG Londrang

Danrem 042/Gapu Pantau Karhutla di HLG Londrang-Ist/jambi-independent.co.id-

MUAROJAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pantau Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) selama dua hari, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad, didampingi Kasi Intel Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf M Imasfy dan Kasiops Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf Ibnu Suharmanto terjun langsung ke lokasi titik api Karhutla di daerah Hutan Lahan Gambut (HLG) Londrang, perbatasan Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjab Timur, Provinsi Jambi, Kamis 29 Agustus 2024.

Sebelumnya Danrem 042/Gapu melaksanakan breafing di Markas Yonif 142/KJ bersama Dandim 0415/Jambi, Kabid BPBD Prov. Jambi Andre, Humas PT WKS Taufik, perwakilan dari PT EWF, untuk menjelaskan tanggung jawab dan tugas masing-masing dalam rangka optimalisai pemadaman dan penyekatan Karhutla di wilayah HLG Londrang perbatasan Kabupaten Muara Jambi dan Tanjab Timur.

Selanjutnya Danrem 042/Gapu beserta rombongan yang hadir pada saat rapat, menuju ke lokasi Kebakaran HLG di Desa Manis Mato Kabupaten Muaro Jambi melalui jalan darat, lebih kurang 1 Jam perjalanan.

Tiba di Posko Karhutlah Desa Manis Mato, rombongan disambut WM Head PT Rimba Hutani Mas (RHM) MUBA dan PT WKS Bowo Suratman, Regen Head PT WKS Rudi, Maneger Distrik 7 PT WKS Indomer.

BACA JUGA:Tafyani- Ezi Daftar ke KPU Gunakan Baju Putih Diantar Ribuan Pendukung

BACA JUGA:Putihkan Balai Kota Jambi, Ribuan Hafidz Hafidzah Cilik Ikuti Wisuda Akbar, Ini Pesan Pj Wali Kota Jambi

Di lokasi Posko, tampak Helly Water Bombing melakukan pemadaman dan pembasahan lahan.

Pada kesempatan yang sama, Danrem 042/Gapu langsung memimpin pemasangan 2 unit Water Intake di kanal yang tersedia sebagai upaya untuk mencukupi ketersediaan air dan pengisian sekat kanal untuk menghentikan pergerakan api, sumber air yang diambil adalah langsung dari sungai Batang Hari  dengan jarak sekitar 1 Km dari Pos.

Danrem 042/Gapu beserta rombongan Satgas Karhutla mengoptimalkan aksi dilapangan dan bermalam di lokasi dengan maksud memonitor pergerakan api secara langsung.

Dalam upaya tersebut selain pemasangan Water Intake, pengerahan Helly Water Bombing sebanyak 3 unit, pengerahan alat berat 12 unit dari PT. EWF, PT. WKS dan Pemkab. Tanjab Timur.

BACA JUGA:Pilwako Jambi 2024 Hanya 2 Paslon, Pengamat Nilai Pasangan H Abdul Rahman-Guntur Lebih Diuntungkan

BACA JUGA:Subscriber Kalahkan Raffi Ahmad Hingga Lionel Messi, Segini Perkiraan Jumlah AdSense Youtube Cristiano Ronaldo

Pengerahan personel Kodim 0415/Jambi, Kodim 0419/Tanjab, Manggala agni, RPK masing-masing perusahaan dan BPBD Provinsi Jambi serta jajarannya, sebanyak 600 orang.

Dihari kedua, Danrem 042/Gapu pimpin rombongan Satgas Karhutlah menuju ke lokasi kebakaran hutan Desa Catur Rahayu Kabupaten Tanjab Timur. Dilokasi masih terpantau api dan asap, Danrem 042/Gapu turun kelapangan bersama Tim Satgas Karhutla terus melakukan penyemprotan lahan yang terbakar, dibantu 3 unit Helly Water Bombing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: