Bersama-sama Menjaga Kesehatan 'Paru-paru' Dunia

Bersama-sama Menjaga Kesehatan 'Paru-paru' Dunia

Pohon-pohon rindang di hutan adalah produsen oksigen yang sekaligus berfungsi sebagai penyerap karbon yang besar.-ANTARA-

BACA JUGA:Puncak Hari Anak Nasional Kota Jambi Berlangsung Meriah, Ini Kata Sekda A Ridwan

Fenomena pemanasan global ini tentu bukan kejadian yang tiba-tiba, melainkan buah dari tabungan perilaku buruk manusia terhadap alam selama ini, salah satunya kepada hutan.

Kejahatan hutan banyak dilakukan dalam aktivitas industri ekstraktif yang mengeruk sumber daya hutan. Bukan hanya oleh perusahaan besar, kegiatan perkebunan kecil oleh para petani pun jika diakumulasi luasnya bisa melebihi skala industri.

Eksploitasi tiada henti telah menyebabkan Pulau Sumatera kehilangan separuh hutannya yang sudah beralih fungsi untuk kepentingan industri. Begitu pula dengan Pulau Borneo dan Papua yang hanya akan menyisakan seperempat wilayah hijaunya dalam beberapa tahun mendatang.

Pembalakan pohon, pembakaran hutan, dan pertambangan minerba tanpa diimbangi upaya konservasi akan mengakibatkan sakitnya paru-paru bumi.

BACA JUGA:Kemarau di Jambi Bikin Kekeringan, Lahan Sawah di Kerinci Jadi Lapangan Bola Dadakan

BACA JUGA:Sidang Pertama Khusairi, GM Hotel Golden Harvest Kasus Korupsi Dana Hibah KONI Kota Sungai Penuh Dimulai

Hutan memiliki peran penting untuk mengatur dan menjaga kestabilan iklim global. Bila hutan mengalami kerusakan maka berakibat terjadinya peningkatan suhu bumi serta perubahan iklim yang ekstrem.

Sebab, hutan dengan pohon-pohon yang terdapat di dalamnya adalah produsen penghasil oksigen yang sekaligus berfungsi sebagai penyerap karbon yang besar.

Lebih dari 300 miliar ton karbon tersimpan di hutan dan pohon-pohon yang ada di bumi. Deforestasi memicu pelepasan besar-besaran karbon dioksida ke atmosfer dan meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca.

Selain krisis iklim, banyak kerugian yang harus dibayar manakala hutan menderita kerusakan. Karena hutan merupakan rumah bagi lebih dari 50 persen seluruh spesies tumbuhan dan hewan, maka kerusakan hutan berarti kehilangan spesies dan habitat satwa.

BACA JUGA:Cek Disini 5 HP Oppo dengan Harga di Bawah Rp 2 Juta, Sangat Rekomendasi

BACA JUGA:Daftar Harga HP iPhone di Bulan Agustus di iBox dan Digimap, iPhone 13 dan iPhone 14 Turun Harga

Berkurangnya berbagai spesies berdampak pada bidang pendidikan seperti punahnya spesies yang merupakan obyek penelitian, dan konflik antara manusia dengan satwa terpicu karena habitat mereka tergusur.

Sedangkan bidang kesehatan terdampak oleh hilangnya berbagai jenis obat-obatan yang bersumber dari tanaman di hutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: