5 Tempat Wisata Pegunungan Terbaik di Jawa Tengah

5 Tempat Wisata Pegunungan Terbaik di Jawa Tengah

Fenomena embun es muncul di dataran tinggi Dieng, akibat suhu yang minus satu derajat celsius.-Ronaldo Bramantyo/Radarmas-disway.id

Selo berjarak sekitar 47 km ke barat dari Kota Solo atau menempuh waktu sekitar 1 jam 20 menit dengan sepeda motor. Dari Balaikota Surakarta wisatawan dapat menuju Jalan Sultan Syahrir ke Jalan R.M. Said.

Setelah itu, ambil Jalan Semarang-Solo ke Jalan Blabak-Boyolali. Jika berkendara dengan mobil, wisatawan dapat melalui tol Salatiga-Kertosono atau tol Semarang-Solo.

BACA JUGA:Plt Kadisnaker, Koperasi dan UKM Buka Walk In Interview Community Officer Kerjasama Pemkot Jambi dengan BTPN

BACA JUGA:Kapolres Pimpin Upacara Sertijab 4 Pejabat Polres Sarolangun, Ini Nama-namanya

Daya tarik utama dari wisata pegunungan tentu adalah pemandangan yang cantik dan udaranya yang sejuk. Beberapa objek wisata yang bisa pengunjung pilih antara lain adalah Embung Manajar, Bukit Sanjaya, Merapi Garden, Desa Samiran, dan masih banyak lagi.

Pilihan fasilitas di tiap objek wisata pun rata-rata sudah lengkap, mulai dari tempat makan, kamar mandi, mushola, spot outdoor untuk melihat view cantik, hingga tempat penginapan.

3. Dieng, Wonosobo.

Jika Selo, Boyolali terletak di antara 2 gunung, maka Dieng lebih banyak lagi. Gunung dan bukit yang menghimpit wilayah ini antara lain adalah Gunung Sumbing, Sindoro, Prau, Bukit Pakuwaja dan Sikunir.

Wilayah ini menjadi desa tertinggi di Pulau Jawa karena berada di ketinggian 2000 mdpl. Wisata yang ditawarkan antara lain adalah wisata vulkanik seperti Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, Kawah Sibanteng, Telaga Warna, Telaga Dringo, dan masih banyak lagi.

Terdapat pula pilihan wisata sejarah dan alam dengan adanya Candi Arjuna, Museum Kailasa, Patean Tambi, Batu Angkruk, dan Sumur Jalatunda. Perlu menempuh jarak sekitar 139 km atau hampir 4 jam perjalanan dari Kota Solo untuk menuju ke Dieng.

Ambil jalur yang sama seperti ke Selo, lalu lanjutkan menuju Jalan Magelang-Salatiga. Lalu, ambil Jalan Grabag-Kopeng dan lanjutkan ke Jalan Raya Magelang-Semarang. Teruskan ke Jalan Ngadirejo dan Jalan Tambi hingga sampai di lokasi wisata yang diinginkan.

Karena telah menjadi destinasi wisata sejak lama, maka fasilitas yang tersedia di objek wisata maupun sekitarnya telah lengkap sehingga wisatawan tak perlu khawatir. 

4. Tawangmangu, Karanganyar.

Tawangmangu merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Karanganyar yang terletak di kaki Gunung Lawu. Tempat ini pun telah menjadi tujuan wisata alam primadona bagi daerah-daerah sekitarnya.

Dari Kota Solo, hanya perlu menempuh sekitar satu jam perjalanan menuju arah timur atau sekitar 38 km. Wisatawan hanya perlu mengikuti jalan raya Palur-Karanganyar, Karanganyar-Matesih, dan Matesih-Tawangmangu yang merupakan jalan utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: