Proses Budidaya Kerang Darah di Tanjab Timur Belum Maksimal, Ini yang Dilakukan Dinas Perikanan

Proses Budidaya Kerang Darah di Tanjab Timur Belum Maksimal, Ini yang Dilakukan Dinas Perikanan

Proses Budidaya Kerang Darah di Tanjab Timur Belum Maksimal-Harpandi/jambi-independent.co.id-

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pembudidaya kerang darah yang berlokasi di Kecamatan Muarasabak Timur, Kabupaten Tanjab Timur masih belum membuahkan hasil yang maksimal.

Kadis Perikanan Kabupaten Tanjab Timur, Hendri mengatakan, pengembangan kerang darah yang telah dilakukan Kecamatan Muarasabak Timur, masih dilakukan secara mandiri.

Jadi, sebelum mereka melakukan pembudidayaan kerang darah tersebut, Dinas Perikanan Kabupaten Tanjab Timur belum melakukan studi dan pembelajaran di di wilayah yang telah berhasil mengembangkan budidaya kerang tersebut, seperti di Provinsi Riau.

"Oleh karena itu, pas kita cek ke lokasi budidaya kerang darah di Kecamatan Muarasabak Timur itu, memang lumayan banyak bibitnya yang mati," ucapnya.

BACA JUGA:2 Prajurit TNI Terima Penghargaan dari Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad, Ini Kontribusi Mereka

BACA JUGA:Kecelakaan Truk Muatan Pasir dan Batu, Masuk Sungai Sedalam 3 Meter di Jalan Lintas Sumatera

Dirinya juga menjelaskan, kedepan untuk kelompok pembudidaya kerang darah di kabupaten ini, akan didampingi oleh pihak Dinas Perikanan.

Hal itu dilakukan, guna memaksimalkan proses pembudidayaan kerang darah tersebut.

Sebab, terdapat penyuluh dari Dinas Perikanan yang telah dikirim ke Provinsi Riau untuk mengikuti pelatihan terkait ilmu pembudidayaan kerang darah ini.

"Insya Allah di pertengahan tahun ini, kita sudah bisa memulai proses pembudidayaan kerang darah di wilayah perairan Kecamatan Mendahara. Dan nantinya kelompok pembudidaya di sana, akan kita beri pendampingan," jelasnya.

BACA JUGA:Dinyatakan Memenuhi Syarat Verifikasi Administrasi, Madel-M Noor Siap Ikuti Tahapan Verifikasi Faktual

BACA JUGA:KPU Kabupaten Bungo Butuh 982 Pantarlih, Ini Tugas-tugasnya

Nantinya, luasan lokasi pembudidayaan kerang darah di perairan Kecamatan Mendahara tersebut, sekitar 3 kilometer.

"Di sana ada 3 kelompok pembudidaya yang ada. Setiap kelompok akan memiliki lokasi penebaran bibit kerang darah ini masing-masing 1 kilometer. Sudah kita tentukan koordinatnya untuk masing-masing kelompok," pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: