5 Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh, Tidak Banyak Orang Tau

5 Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh, Tidak Banyak Orang Tau

daun jambu biji yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia --ist/jambiindependent.co.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Buah jambu biji merupakan salah satu buah yang banyak memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh. Buah jambu biji kaya akan khasiatnya, seperti Vitamin C. Tapi tahukah kamu, tidak hanya buah jambu biji saja yang dapat dimanfaatkan, namun daun jambu biji juga dapat dimanfaatkaN untuk kesehatan tubuh manusia.

Daun jambu biji merupakan satu dari banyak jenis dedaunan herbal yang pada zaman dahulu, daun ini sudah dipakai untuk pengobatan diare. Bahkan sampai sekarang, di beberapa masyarakat adat masih ditemukan pengobatan herbal dengan daun jambu biji.

Berdasarkan penelitian ilmu Kesehatan, daun jambu biji memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi serta kandungan lain seperti, antioksidan, quercetin, flavnoid, serat, tanin, klorofil. Maka tak heran sejak zaman dahulu daun ini sudah digunakan menjadi pengobatan herbal oleh nenek moyang dahulu.

Lantas apa saja manfaat daun jambu biji bagi kesehatan tubuh manusia? berikut ragam manfaat daun jambu biji bagi kesehatan tubuh

1.Mengobati diare

Daun jambi biji dipercaya dapat menyembuhkan penyakit diare. Hal ini sudah terbukti dari banyaknya masyarakat yang suka terhadap pengobatan herbal, dengan mengkonsumsi daun jambu biji sebagai pengobatan ketika sakit diare.

Cara penyembuhan penyakit diare dengan daun jambu biji cukup simpel, rebus beberapa helai daun jambu biji, usahakan yang masih muda. Setelah mendidih dinginkan sebentar, tapi masih dalam kondisi hangat, lalu minum lah air rebusan tersebut. Cukup dengan air rebusan daun jambu biji, penyakit diare akan cepat teratasi.

2.Mengobati masuk angin

Tidak hanya menyembuhkan diare, rebusan daun jambu biji juga dapat menyembuhkan dadan ketika masuk angin. Caranya tetap sama, hanya cukup dengan air rebusan daun jambu biji saja penyakit masuk angin segera terobati.

3.Mengobati penyakit maag

Mengkonsumsi daun jambu biji muda juga dapat menyembuhkan penyakit maag. Caranya, kamu hanya perlu memakan daun jambu biji yang masih muda tanpa pengolahan lebih lanjut. Namun, untuk memaksimalkan penyembuhan kamu juga dapat merebus daun jambu biji yang masih muda, dan minum la ketika sudah dingin

4.Menurunkan berat badan

Berdasarkan ilmu Kesehatan, daun jambu biji juga dapat bermanfaat untuk mengurangi berat badan. Ketika kamu sedang dalam proses diet,  kamu dapat meminum rebusan daun jambu biji. Air rebusan daun jambu biji mengandung rendah kalori sehingga dapat mengganti minuman manis yang tinggi gula.

5.Mengobati flu

Rebusan daun jambu biji juga dapat menyembuhkan penyakit flu, berkat kandungan flavonoid yang terdapat dalam daun jambu biji. Rebusan daun jambu biji akan mencegah pertumbuhan virus influenza yang menyebabkan flu. Caranya masih sama, cukup dengan rebus beberapa helai daun jambu biji, dinginkan sebentar lalu minum.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diolah dari berbagai sumber