Hujan Lebat, Jalan Padang-Bukittinggi via Lembah Anai Putus Total

Hujan Lebat, Jalan Padang-Bukittinggi via Lembah Anai Putus Total

Kondisi Lembah Anai akibat banjir bandang di Sumatera Barat.-ist/jambi-independent.co.id-tangkapan layar vide

PADANG, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Hujan deras yang melanda kawasan Kabupaten Tanahdatar, Provinsi Sumatera Baeat (Sumbar) dan sekitarnya telah menyebabkan jalan utama dari Kota Padang menuju Bukittinggi, tepatnya di Lembah Anai, terputus.

Hal ini terjadi akibat jalan di kawasan tersebut amblas pada hari Minggu tanggal 12 Mei 2024.

Kerusakan tersebut disebabkan oleh banjir bandang yang merusak sejumlah bangunan, termasuk seluruh pemandaian Mega Mendung di kawasan Lembah Anai dan kafe Xakapa. 

Tidak hanya bangunan, banjir bandang juga mengakibatkan jalan lintas Padang-Bukittinggi, terutama dekat jembatan rel kereta api Lembah Anai, amblas sehingga tidak dapat dilalui oleh kendaraan.

BACA JUGA:Heboh Video Tongkang Batu Bara yang Tabrak Jembatan Aurduri I Dibakar Warga, Cek Faktanya di Sini!

BACA JUGA:Ini Pesan Danrem 042Gapu untuk Letkol Yoga Selaku Dandim 0415/Jambi yang Baru

Kapolres Padangpanjang, AKBP Kartyana, menjelaskan bahwa peristiwa ini terjadi akibat curah hujan lebat yang menyebabkan banjir bandang hingga menggerus jalan di Lembah Anai.

“Jalan di kawasan Lembah Anai ini amblas ke sungai sehingga jalur terputus dan tidak dapat dilalui oleh kendaraan,” ujar AKBP Kartyana.

Dampak dari kejadian ini, Kartyana mengimbau kepada pengendara yang akan melintasi Lembah Anai dari Bukittinggi maupun Padang untuk mencari jalur alternatif.

“Kami menyarankan kepada mereka yang akan menuju Bukittinggi dari Padang untuk menggunakan jalur melalui Malalak atau Sitinjau Lauik karena saat ini jalan di Lembah Anai kami tutup untuk sementara waktu,” tambahnya.

BACA JUGA:Manjakan Lidah dengan Kelezatan Cumi Tinta Hitam, Yuk Intip Resep dan Cara Masaknya

BACA JUGA:Dewan Muaro Jambi Gelar Paripurna Hasil Reses Tahun 2024

Penutupan sementara ini dilakukan untuk memastikan keamanan pengguna jalan dan memungkinkan dilakukannya perbaikan serta evaluasi kondisi jalan.

Masyarakat diminta untuk mematuhi arahan dan mencari rute alternatif guna menghindari kemacetan dan memperlancar arus lalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: