Bencana Alam Gempa di Cianjur dan Sukabumi Magnitudo 3,1

Bencana Alam Gempa di Cianjur dan Sukabumi Magnitudo 3,1

Ilustrasi. Terjadi gempa di Cianjur dan Sukabumi.-ist/jambi-independent.co.id-

CIANJUR, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat kejadian gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo 3,1 melanda wilayah Cianjur dan Sukabumi, Jawa Barat, pada Sabtu 27 April 2024 pukul 20.22 WIB.

Berdasarkan informasi resmi yang dikeluarkan oleh BMKG di Jakarta pada Sabtu, pusat gempa terletak di darat, tepatnya 12 kilometer Timur Laut Kota Sukabumi.

Posisinya berada pada 6,83 derajat lintang selatan dan 107 derajat bujur timur, dengan kedalaman lima kilometer.

"Melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal yang disebabkan oleh aktivitas Sesar Cugenang," ujar Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto.

BACA JUGA:5 Makanan Ini Dapat Meredakan Gejala Asam Lambung Kamu, Lho!

BACA JUGA:Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S23 FE, Cocok untuk Main Game Berat

Dampak gempa tersebut, sebagaimana digambarkan dalam peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, dirasakan di wilayah Cianjur dan Sukabumi dengan Skala Intensitas III MMI.

Meskipun masyarakat di Cianjur dan Sukabumi merasakan getaran seakan-akan ada truk yang melintas saat gempa terjadi, Hartanto menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat gempa tersebut.

Hingga pukul 20.39 WIB, hasil pemantauan BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BACA JUGA:Cek Simulasi Pinjaman KUR BRI Mulai Rp 10 Juta hingga Rp 100 Juta

BACA JUGA:Jangan Dibuang, Ternyata Biji Salak Dapat Dijadikan Peluang Bisnis Kopi

Informasi resmi seputar kejadian gempa bumi dapat diakses melalui kanal komunikasi resmi BMKG yang telah terverifikasi, seperti Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: