Arus Balik Lebaran, Menhub Imbau Pemudik Pulang Jumat atau Sabtu Minggu Ini

Arus Balik Lebaran, Menhub Imbau Pemudik Pulang Jumat atau Sabtu Minggu Ini

Macet mudik 2024 di pelabuhan merak. Menhub mengimbau pemudik pulang di hari Jumat atau Sabtu minggu ini.-Foto : ist-Net

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengimbau para pemudik agar pulang pada hari Jumat atau Sabtu 13 April 2024 ini dalam rangka meminimalkan kepadatan arus balik.

"Oleh karena itu, seperti anjuran Presiden waktu itu agar kembali lebih awal. Kalau bisa besok atau Sabtu," ujar Budi di KM 70 Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Kamis 11 April 2024.

Menurutnya, arus balik pada dua hari tersebut masih relatif sepi dan tidak akan menyebabkan kepadatan lalu lintas yang signifikan.

Diprediksi bahwa puncak arus balik akan terjadi pada H+3 atau Minggu 14 April 2024 dan H+4 atau Senin 15 April 2024.

BACA JUGA:Mantan Kapolda Jambi Meninggal Dunia, HAR: Kita Kehilangan Putera Terbaik Jambi

BACA JUGA:Jalan Sungai Asam Kerinci Amblas Pasca Hujan Lebat

"Karena Minggu dan Senin itu pasti terjadi satu kenaikan yang besar," tambahnya.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Jasa Marga, dan pihak terkait sudah mulai mempersiapkan langkah-langkah untuk menghindari kepadatan lalu lintas saat arus balik.

"Nah, oleh karena itu, kita memang harus mengelola hari-hari yang sudah ada. Kita memiliki empat hari, mulai besok sampai hari Senin, ketika hari Selasa sudah memasuki kegiatan normal. Puncaknya diperkirakan akan terjadi pada hari Minggu dan hari Senin," jelas Budi.

Selain itu, Budi juga menunjukkan bahwa titik rawan kepadatan biasanya terjadi di daerah Salatiga hingga Semarang.

BACA JUGA:Kapolda Jambi akan Pimpin Langsung Upacara Pemakaman Almarhum Irjen Pol (Purn) Muchlis

BACA JUGA:Irjen Pol (Purn) Muchlis AS Meninggal Dunia, Nasroel: Beliau Pejabat yang Sangat Mengerti Jambi

"Karena dari Jogja, Surakarta, Ngawi, dan Madiun itu bertumpuk di sana. Bahkan juga dari Demak dan sebagainya," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol. Aan Suhanan, mengungkapkan penurunan angka kecelakaan lalu lintas secara nasional selama arus mudik Lebaran 2024 sebesar 12 persen mulai 4 April hingga hari-H, 10 April.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: