Lebaran Banyak Makan Berlemak, Ini Tips Cegah Kolesterol saat Hari Raya

Lebaran Banyak Makan Berlemak, Ini Tips Cegah Kolesterol saat Hari Raya

Cegah kolesterol saat lebaran -Foto : ilustrasi-Net

BACA JUGA:Tradisi Warga Desa Pinang Merah Merangin Meriahkan Takbir Keliling, Sambut Lebaran 2024

BACA JUGA:Pertamina EP Jambi Field Resmi Kelola Lapangan Betung Meruo Senami

5. Batasi Makanan yang Mengandung Kolesterol

Usahakan untuk mengonsumsi kurang dari 200 miligram kolesterol setiap hari untuk mencegah kolesterol naik. Kolesterol ada dalam makanan hewani, seperti hati dan jeroan lainnya, kuning telur, udang, dan produk susu murni.

6. Makan Banyak Buah dan Sayuran

Pola makan yang kaya buah dan sayuran bisa meningkatkan senyawa penting penurun kolesterol dalam makanan kamu. Senyawa yang disebut stanol tanaman atau sterol, bekerja dengan cara yang sama seperti serat larut dalam menurunkan kolesterol. 

7. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga dapat mencegah dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Aktivitas fisik sedang dapat membantu meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Oleh sebab itu, cobalah rutin berolahraga setidaknya 30 menit lima kali seminggu, atau aktivitas aerobik yang kuat selama 20 menit tiga kali seminggu.

BACA JUGA:Arus Balik Lebaran, Ini Aturan Kapolda Sumsel untuk Truk Agar Jalintim Palembang-Betung Tetap Lancar

BACA JUGA:Lebaran, Polda Jambi Gelar Salat Ied Bersama Warga

8. Batasi Asupan Garam

Membatasi konsumsi makanan yang mengandung garam tinggi juga merupakan bagian dari pola makan untuk mencegah kolesterol naik. Usahakan untuk mengonsumsi natrium (garam) tidak lebih dari 2300 miligram (sekitar 1 sendok teh garam) dalam sehari.

Membatasi asupan garam tidak akan menurunkan kolesterol, tapi bisa menurunkan risiko penyakit jantung dengan membantu menurunkan tekanan darah kamu. Kamu bisa mengurangi asupan garam dengan memilih makanan yang rendah garam atau tidak menambahkan terlalu banyak garam saat memasak.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: