Tips Menurunkan Demam Anak Secara Alami tanpa Resep Dokter

Tips Menurunkan Demam Anak Secara Alami tanpa Resep Dokter

Atasi demam anak tanpa obat-Foto : ilustrasi-Net

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Cara alami ini bisa Anda lakukan terlebih dahulu sebagai pertolongan pertama anak demam. Sehingga anak pun tidak buru buru harus berobat ke dokter.

Berikut tips menurunkan demam anak secara alami tanpa resep dokter.

1. Berikan air jahe

Air jahe bisa menjadi alternatif obat untuk membantu menurunkan demam anak dengan lebih cepat. Berkat senyawa antibakteri yang terkandung di dalamnya, jahe dianggap efektif untuk melawan demam.

Cara membuat air jahe pun terbilang mudah. Cukup potong-potong jahe segar secukupnya lalu masukkan ke dalam air dan rebus untuk dijadikan teh.

Namun, selalu ingat untuk tidak memberikan air jahe kepada anak terlalu banyak. Selain tidak semua anak menyukai rasa jahe, terlalu banyak jahe juga dapat menyebabkan nyeri ulu hati.

2. Penuhi kebutuhan cairan anak

Saat demam melanda, tubuh anak rentan mengalami kekurangan cairan. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan kebutuhan cairan anak senantiasa terpenuhi guna mencegah dehidrasi dengan meminta mereka minum banyak air putih.

BACA JUGA:Ini Amalan Doa Nabi Yunus di Saat Kesulitan, Insya Allah Dimudahkan

Apabila si kecil susah minum air putih, coba tawarkan mereka kaldu ayam hangat, jus buah encer, atau popsicle (es lilin dari buah-buahan yang dibekukan).

Dengan begitu, kebutuhan cairan tubuh anak tetap dapat tercukupi dan mereka akan terhindar dari dehidrasi selama mengalami demam.

3. Kompres hangat di ketiak dan selangkangan anak

Kompres hangat merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan demam anak tanpa obat.

Sebagai pertolongan pertama untuk menurunkan demam anak, letakkan kompres hangat pada bagian ketiak atau lipatan selangkangan anak. Pasalnya, bagian ketiak dan selangkangan memiliki banyak pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: