5 Olahraga Cocok untuk Turunkan Kolesterol, Tubuh Kembali Bugar

5 Olahraga Cocok untuk Turunkan Kolesterol, Tubuh Kembali Bugar

Olahraga untuk menurunkan kolesterol -Foto : ilustrasi-Net

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ini 5 olahraga cocok untuk turunkan kolesterol. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit kolesterol,maka olahraga ini baik untuk Anda lakukan.

Sebab,  kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan berbagai penyakit untuk tubuh. Kolesterol akan menempel dan mempersempit dalam dinding arteri sehingga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular (gangguan pada jantung dan pembuluh darah). 

Berikut 5 olahraga yang bisa menurunkan kolesterol :

1. Berenang

Berenang dapat menjadi pilihan olahraga untuk menurunkan kolesterol. Berenang akan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. 

Penelitian di International Journal of Aquatic Research and Education menunjukkan bahwa perenang memiliki risiko kematian lebih rendah daripada orang yang tidak banyak bergerak atau olahraga.

BACA JUGA:Zodiak yang Diprediksi Kaya dalam Waktu Dekat, Bagaimana Zodiak Kamu?

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI Kota Sungai Penuh, Kejari Tetapkan 3 Tersangka

2. Angkat Beban

Angkat beban menjadi olahraga yang direkomendasikan selanjutnya. Penelitian dalam Jurnal Atherosclerosis menunjukkan bahwa angkat beban mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dari arteri lebih cepat daripada yang tidak.

 BMC Public Health juga melaporkan bahwa kombinasi angkat beban dan latihan aerobik lebih efektif untuk meningkatkan kebugaran jantung.

3. Yoga

Yoga secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol total dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

 Penelitian dalam European Journal of Preventive Cardiology melaporkan bahwa yoga secara rutin baik untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, yoga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: