Dinas Perikanan Tanjab Timur Utus 6 Orang ke Rohil Riau untuk Mempelajari Proses Budidaya Kerang Dara

Dinas Perikanan Tanjab Timur Utus 6 Orang ke Rohil Riau untuk Mempelajari Proses Budidaya Kerang Dara

Dinas Perikanan Tanjab Timur Utus 6 Orang ke Rohil Riau-Harpandi/jambi-independent.co.id-

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Tidak ingin menyia-nyiakan peluang untuk menjadi lokasi pembudidayaan hasil laut dalam skala besar, Dinas Perikanan Kabupaten Tanjab Timur mengutus 6 orang perwakilannya ke Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, guna mempelajari ilmu dalam proses pembudidayaan kerang dara.

Dimana, budidaya kerang dara yang merupakan hewan endemik wilayah pesisir ini, telah sukses dikembangbiakkan dengan baik di wilayah Rokan Hilir tersebut.

Bahkan, penjualannya juga sudah menembus hingga pasar luar negeri, seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.

Kadis Perikanan Kabupaten Tanjab Timur, Hendri, saat diwawancarai terkait hal ini mengatakan, baru-baru ini pihaknya telah mengirim 6 orang, yang terdiri dari pelaku usaha, penyuluh dan dari Dinas Perikanan Kabupaten Tanjab Timur.

BACA JUGA:Mirip iPhone 15 Pro Max, HP Infinix Smart Pro 8 Hanya Rp 1 Jutaan

BACA JUGA:Poco M3 Turun Harga di Februari 2024, Cek Disini Spesifikasinya

"Pelaku usaha yang kita utus ke Rokan Hilir itu merupakan warga Kecamatan Mendahara. Dimana, nantinya wilayah pesisir di kecamatan tersebut akan kita jadikan lokasi penebaran benih dan pengembangbiakan kerang dara itu," ucapnya.

Dirinya juga menjelaskan, progresnya nanti dalam pembudidayaan kerang dara ini, akan menunggu musim tertentu agar bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Sebab, dalam proses pembudidayaan kerang dara ini juga harus melihat kondisi alam dan cuaca di lokasi yang akan dijadikan tempat untuk penebaran benih.

"Nanti kita akan menunggu musimnya, sebab kalau kondisi air dan ombak sedang besar seperti ini tidak bisa. Kemungkinan di bisa direalisasi proses pembudidayaan ini di bulan Juni. Yang pasti saat ini kita mengambil ilmunya dulu dari pembudidaya yang ada di Rokan Hilir itu," jelasnya.

BACA JUGA:Spesifikasi Terbaru Realme X50 Pro 5G, Harganya Sedang Turun Drastis!

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR BRI 2024 Periode Februari 2024, dari Rp 1 Juta hingga Rp 50 Juta

Hendri menambahkan, pembudidayaan kerang dara ini tentunya akan memiliki nilai ekonomis yang sangat menggiurkan.

Dimana, dari 10 kilogram bibit kerang dara yang ditebar di lokasi tertentu untuk pembudidayaan tersebut, bisa menghasilkan 100 kilogram disatukan proses panennya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: