Waktu Istirahat Lebih Lama, Ini Cara agar Bayi Tidur dengan Nyenyak Sepanjang Malam

Waktu Istirahat Lebih Lama, Ini Cara agar Bayi Tidur dengan Nyenyak Sepanjang Malam

Tips agar bayi tidur nyenyak sepanjang malam-Foto : ilustrasi-Net

5. Perlihatkan Suasana Siang dan Malam.

Cara agar bayi tidur nyenyak di malam hari berikutnya adalah dengan memperlihatkan waktu siang dan malam. Di siang hari, Anda bisa mengajaknya bermain, bercanda, dan berbicara. 

Anda juga bisa membawa bayi  keluar rumah, seperti saat waktu menjemur di pagi hari. Langkah ini dapat membantunya mengatur jam biologis tubuh.  

Pastikan pencahayaan di dalam ruang selalu terang, dan biarkan ia mendengarkan suara yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari, seperti suara Mama sedang memasak atau lainnya.

Kemudian di malam hari, usahakan untuk tidur mengajak bermain, bercanda, dan berbicara terlalu lama, terutama jelang waktu tidur. Kurangi juga pencahayaan dan suara di dalam rumah, agar bayi mengetahui bahwa ini memasuki waktu malam hari.

6. Tidurkan si Kecil di Boks Bayi.

American Academy of Pediatrics menganjurkan cara agar bayi tidur nyenyak bersama Mama dan Papa hingga usianya enam bulan atau lebih baik lagi, hingga satu tahun, dengan menyediakan tempat tidur khusus untuk si Kecil.

BACA JUGA:Kenapa Imlek Identik dengan Warna Merah? Ternyata Ini Filosofi Warna Merah

BACA JUGA:Daftar HP Infinix Terbaru Periode Februari 2024, Sedang Turun Harga

Misalnya, dengan keranjang bayi atau boks yang dipasang menempel di sisi tempat tidur Mama dan Papa.

Sebaiknya hindari menaruh si Kecil untuk tidur di kasur Mama dan Papa karena jalan napasnya dapat berisiko terganggu oleh kehadiran orang tuanya. Hal itu tentu berbahaya, terlebih jika Mama atau Papa merupakan seorang perokok atau sedang sakit dan dalam pengobatan tertentu.*

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: