Jangan Malas, Jalan Kaki saja Bisa Berikan Manfaat Baik ini untuk Tubuh

Jangan Malas, Jalan Kaki saja Bisa Berikan Manfaat Baik ini untuk Tubuh

Manfaat Luar Biasa Jalan Kaki Setiap Hari-Freepik/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kamu bisa berjalan kaki selama 30 menit per harinya untuk meningkatkan kondisi kesehatan. Bukan hanya kesehatan fisik, jalan kaki pun bermanfaat bagi kesehatan mental. 

Berikut manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh 

1. Menghindari Penyakit Kronis

American Diabetes Association mengatakan dengan rutin berjalan kaki dapat menurunkan kadar gula darah dan menghindari risiko diabetes. Hasil penelitian dalam American College of Cardiology mengatakan 1000 langkah yang dilakukan setiap hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik.

Penelitian yang ditulis dalam The New England Journal of Medicine, jalan kaki juga mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebanyak 30 persen. Penelitian ini dilakukan pada orang yang rutin berjalan kaki dan tidak.

2. Memperkuat Fisik Tubuh

BACA JUGA:Bupati Sarolangun Anugerahi Penghargaan Program CSR untuk PT SAL

BACA JUGA:ASN Lapas Kelas IIA Jambi Tersandung Kasus Narkoba 52 Kg Sabu Terancam Hukuman Mati, Dijanjikan Rp10 Juta

Rutin berjalan kaki setiap hari bisa memperkuat fisik tubuh. Olahraga ini bisa meningkatkan kekuatan otot paha, betis, hingga seluruh bagian kaki. Kamu bisa mencoba berjalan pada area yang menanjak dan menurun. Selain itu, jika kamu menemukan area yang memiliki anak tangga, sebaiknya gunakan anak tangga agar kekuatan bagian kaki semakin optimal.

3. Meningkatkan Energi

Jika kamu merasa lelah, tidak ada salahnya untuk mencoba berjalan kaki mengelilingi halaman rumah atau lokasi lain yang menarik. Jalan kaki dinilai mampu meningkatkan energi lebih optimal dibandingkan dengan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein.

Saat kamu berjalan kaki, hal ini juga bisa meningkatkan hormon yang membantu mengoptimalkan energi, seperti kortisol, epinefrin, dan norepinefrin. Bahkan dengan berjalan kaki, kegiatan ini membantu meningkatkan peredaran oksigen dalam tubuh.

4. Meningkatkan Suasana Hati.

Bukan hanya kesehatan fisik, berjalan kaki juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Melansir dari The Primary Care Companion to The Journal of Clinical Psychiatry, berjalan kaki mampu menurunkan rasa cemas, depresi, hingga suasana hati yang buruk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: