Harga Cabai Terjaga, Mampu Tahan Laju Inflasi Desember 2023

Harga Cabai Terjaga, Mampu Tahan Laju Inflasi Desember 2023

Harga cabai tahan laju inflasi Desember 2023-Foto : ilustrasi-Jambi-independent.co.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Merujuk rilis Indeks Harga Konsumen (IHK) Badan Pusat Statistik (BPS), secara bulanan IHK gabungan Kota Jambi dan Kabupaten Bungo pada Bulan Desember 2023 mengalami inflasi sebesar 0,26% (mtm). 

Capaian tersebut lebih rendah dibandingkan periode Bulan November 2023 yang tercatat inflasi sebesar 0,79% (mtm). 

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Mukti Rigowo menjelaskan bahwa perkembangan tersebut juga lebih rendah dibandingkan laju inflasi nasional yang mengalami inflasi sebesar 0,41% (mtm). 

"Adapun jenis barang/jasa yang mendorong inflasi antara lain bawang merah, daging ayam ras, angkutan udara, tomat dan beras. Berdasarkan realisasi tersebut, inflasi tahunan gabungan Kota Jambi dan Kabupaten Bungo tercatat sebesar 3,22% (yoy),"ujarnya.

BACA JUGA:Lakukan Penyalahgunaan BBM Bersubsidi, Pertamina Support Tim Terpadu Blokir No Plat Kendaraan

BACA JUGA:Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah Tinjau Pelipatan Kertas Surat Suara untuk Pemilu

Sementara itu, inflasi tahunan Kota Jambi dan Kabupaten Bungo masing-masing menempati peringkat ke 19 dan 38 dari 90 kota pemantauan inflasi nasional.

Kemarau panjang yang terjadi sebagai akibat El-Nino masih berdampak terhadap belum maksimalnya produksi bawang merah di beberapa daerah sentra produksi seperti di Sumatera Selatan dan Lampung yang mengakibatkan penurunan jumlah pasokan dan mendorong peningkatan harga.

 Menurunnya jumlah pasokan juga sejalan dengan masuknya musim tanam bawang merah. Selanjutnya, kenaikan harga daging ayam ras dipengaruhi harga pakan yang cenderung tinggi disertai peningkatan permintaan sesuai pola musiman perayaan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Sementara itu, periode libur Nataru juga berdampak peningkatan tarif angkutan udara. Adapun produksi musim panen yang cenderung lebih rendah dibandingkan produksi saat panen raya di semester I mengakibatkan berlanjutnya penurunan pasokan dan peningkatan harga gabah kering giling dan beras secara nasional pada semester II 2023. 

BACA JUGA:Jangan Bingung, Ini Perbedaan Body Lotion dan Body Butter, Buat Kulit Tampak Lebih Indah

BACA JUGA:Tak Bisa Beraktivitas, Korban Banjir di Desa Lubuk Suli Kerinci Ngeluh Butuh Bantuan Bahan Pokok

"Di sisi lain, inflasi yang lebih tinggi tertahan oleh penurunan harga cabai merah, cabai rawit, cabai hijau, minyak goreng dan jengkal seiring terjaganya pasokan,"tambah Mukti.

Berikut, rincian perkembangan inflasi di Provinsi Jambi adalah sebagai berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: