RESENSI BUKU MEMBUMIKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD

RESENSI BUKU MEMBUMIKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD

RESENSI BUKU MEMBUMIKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD-ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Buku ini berjudul “Membumikan Pendidikan Karakter Di Sd:Konsep Praktik  Dan Strategi” yang ditulis oleh Novan Ardy Wiyani, M. Pd.I, dan diterbitkan oleh team Ar-Ruzz Media.

Buku ini pertama kali dicetak pada tahun 2013, dengan tebal halaman sebanyak 262 lembar. Buku ini membahas tentang pendidikan adalah proses terus-menerus yang dialami oleh manusia sepanjang hayat. 

Novan Ardy Wiyami merupakan penulis dan seorang aktivis dalam dunia pendidikan. Beliau merupakan Dosen tetap di IAIN Purwokerto, dan juga menjadi pembicara penting dalam berbagai Lembaga pendidikan, baik di PAUD, TK maupun di Lembaga lainnya.

Novan Ardy Wiyani sebelumnya telah beberapa kali menerbitkan buku, salah satunya adalah buku “Membumikan Pendidikan Karakter Di Sd: Konsep Praktik Dan Strategi.” Pada dasarnya buku ini memuat gagasan tentang pendidikan karakter yang selama ini menjadi isu sentral di Masyarakat, problematika pengimplementasian pendidikan karakter di sekolah dasar, serta beberapa macam strategi dalam membumikan pendidikan karakter di sekolah dasar.

BACA JUGA:Ada 3 Suspect Covid-19 di Semarang, Bupati Ingatkan Protokol Kesehatan saat Libur Natal dan Tahun Baru

BACA JUGA:Guru Tonggak Pendidikan Indonesia

Pendidikan mencangkup segala aspek keseharian. Namun, melihat kenyataannya sekarang dan berpuluh-puluh tahun lalu, sekolah sebagai Lembaga pendidikan cenderung mendidik peserta didik yang cerdas (kognitif) dan mengabaikan aspek moral.

Pendidikan seharusnya melakukan Upaya sungguh-sungguh dan senantiasa menjadi garda terdepan dalam Upaya pembentukan karakter manusia Indonesia yang sesungguhnya. Buku ini berisikan tentang gagasan pendidikan karakter, urgensi implementasi, gagasan pendidikan karakter, konsep implementasi gagasan pendidikan karakter di sekolah.

Buku ini disusun sebagai Upaya untuk menempatkan pendidikan karakter, buku ini diharapkan bukan hanya untuk mengimplementasikan pendidikan karakter di sekolah dasar bagi para guru saja.

Dalam buku ini kita dapat menemukan seperti apa itu gagasan pendidikan, penguatan karakter peserta didik akan menjadi bekal mereka kelak dalam menghadapi berbagai tantangan dan isu-isu lingkungan sosialnya. Sistem pendidikan ini menekankan praktik penyelenggaraan pendidikan pada aspek perkembangan karakter anak didik.  

BACA JUGA:RESENSI BUKU PENDIDIKAN KARAKTER

BACA JUGA:Mau ‘Adopsi’ Praktek Baik, Disdik Provinsi Sumsel Studi Tiru PPDB ke Disdik Provinsi Jambi

Dibuku ini digambarkan bahwa pendidikan karakter menjadi kunci yang sangat penting dalam membentuk kepribadian seseorang, dan Pembangunan karakter bangsa Indonesia yang menjadi cita-cita luhur dapat diwujudkan melalui pendidikan.

Pendidikan karakter harus dibiasakan sedari kecil, pendidikan karakter mengembangkan kebiasaan dan perilaku terpuji sejalan dengan nilai-nilai universal dan tradisi budaya dan karakter bangsa kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: