Tersertifikasi ISO 37001:2016 SMAP Ini Komitmen SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd

Tersertifikasi ISO 37001:2016 SMAP Ini Komitmen SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd

Tersertifikasi ISO 37001:2016 SMAP Ini Komitmen SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd--

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Sejumlah pejabat utama PetroChina International Jabung Ltd hadir dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Harkodia) tahun 2023, yang dilaksanakan di Geragai Camp PetroChina International Jabung Ltd, Kabupaten Tanjab Timur, Minggu 10 Desember 2023, sekitar pukul 20.00 wib.

Para pejabat tersebut diantaranya, I Wayan Suandana, selaku Field Manager PetroChina International Jabung Ltd,
Adi Nugroho selaku ketua FKAP PetroChina International Jabung Ltd, Agung Bratanata, Field Admin Superintendent, Setiaandika Priandaru, Construction and Engineering Superintendent, Achmad Sobhana, Field Cost Control Superintendent, Endang Susilawati, Field Service Support Supervisor, Ahmad Ramadlan, Acting Government and Relation Superintendent, Ferry Sendow Sr.NGF & FPU Opertion Superintendent, Andi Gustawan, HSE Superintendent, Paison, Acting Production Superintendent, Uju Junaidi, Field Procurement Superintendent serta dihadiri pula oleh  karyawan dan karyawati PetroChina International Jabung Ltd serta subkontraktor.

Adapun dalam memaknai Hakordia ini, Adi Nugroho, selaku Ketua Fungsi Kepatuhan Anti Penyuapan (FKAP), yakni unit kerja yang memiliki tanggung jawab dan wewenang untuk melaksanakan operasi dari Sistem Management Anti Penyuapan (SMAP) PetroChina International Jabung Ltd saat diwawancarai mengatakan, selaku Ketua FKAP, dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatan Awareness atau kesadaran dari insan PetroChina International Jabung Ltd, untuk mempunyai sikap anti korupsi.

Selain itu, pihak PetroChina International Jabung Ltd sendiri telah memiliki kiat tersendiri untuk mengantisipasi adanya tindakan korupsi yang terjadi dalam lingkup management perusahaan tersebut.

BACA JUGA:Bekerja Sebagai Freelancer? Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Bagi yang Punya Gaji Tak Tetap

BACA JUGA:Kuatkan Tulang dan Usir Insomnia, Ini Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari

Salah satunya yakni dengan penerapan SMAP. Dimana, dari tahun 2019 pihak PetroChina International Jabung Ltd telah menerapkan SMAP yang telah tersertifikasi sesuai ISO 37001.

"Jadi, seluruh Emploi (pekerja) di PetroChina International Jabung Ltd sudah diberikan penjelasan tentang bagaimana menyikapi bahaya korupsi dan tanggungjawab bersama untuk menghindari praktek korupsi di tubuh perusahaan ini," ucapnya.

Adi Nugroho juga memaparkan, sejauh ini dari Whistle Blowing System (WBS) atau Sistem Pelaporan Pelanggaran (SPP) terkait adanya indikasi tindakan korupsi di lingkup PetroChina International Jabung Ltd Nihil.

"Oleh karena itu kita berharap seluruh insan PetroChina International Jabung Ltd bisa terus mengembangkan sikap anti korupsi dalam segala lingkup pekerjaan dan departemen yang ada di dalam perusahaan ini," ungkapnya.

BACA JUGA:Kades di Merangin Temui Wamen Kominfo Minta Bantuan Menara BTS, Pinto Jayanegara: Kita Komitmen Memperjuangkan

BACA JUGA:Simak, Ini Deretan Olahraga untuk Menambah Berat Badan

Untuk diketahui, apa yang menjadi dasar perusahaan PetroChina International Jabung Ltd ini mendapatkan sertifikat dan manfaat ISO 37001:2016 SMAP. Yakni SMAP sebagai Internal Control Tata Kelola perusahaan.

Kemudian, sebagai pencegahan, deteksi dini dan merespon tindakan penyuapan. Sebagai bentuk kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Selanjutnya, lebih efisien dalam pemanfaatan sumberdaya, sehingga kinerja perusahaan semakin baik. Meningkatkan branding dan kepercayaan publik serta stakeholders.

Lain dari itu, dibutuhkan komitmen yang kuat dari top level manajemen (Tone From the Top), serta upaya-upaya untuk meningkatkan value dan budaya anti penyuapan terus dilakukan.

BACA JUGA:Tips Mengecilkan Perut Berlemak

BACA JUGA:Romi Hariyanto Prioritaskan Olahraga Hingga Unggul Tingkat Nasional

Adapun tema Nasional dari kegiatan Harkodia ini yaitu, "Sinergi Berantas Korupsi, Untuk Indonesia Maju". Sedangkan tema dari perusahaan ini yakni, PetroChina International Jabung Ltd berkomitmen Menerapkan Kebijakan Anti Penyuapan, sesuai ISO 37001:2016, dengan prinsip 4 NO's (No Bribery, No Kick Back, No Gift, No Luxurious Hospitality).

Dalam menerapkan ISO 37001:2016 SMAP, PetroChina International Jabung Ltd sendri melakukan bebera upaya. Diantarnya adalah, diterbitkannya kebijakan anti penyuapan oleh management dan disosialisasikan kepada semua lapisan karyawan perusahaan, mitra kerja, pemangku kepentingan atau stakeholder.

Lalu membentuk sekretariat fungsi kepatuhan anti penyuapan, sebagai motor penggerak sistem dan keberlanjutan.

Selanjutnya, setiap unit kerja atau departemen melakukan mitigasi resiko terhadap semua aktifitas, sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini terhadap potensi terjadinya penyuapan.

BACA JUGA:Aklamasi, Hary Tanoesoedibyo Jadi Ketua Umum PB POBSI Periode 2023-2027

BACA JUGA:Asik! Penyelesaian Jalan Tol Betung-Jambi Dipercepat, Ini Progresnya

Kemudian, Champaign Program Sistem Management anti penyuapan, baik secara internal maupun eksternal. Melakukan penyuluhan dan pelatihan terkait ISO 37001.

Lebih lanjut, terkait dengan kegiatan bersama pemangku kepentingan atau stakeholder, pada jenis kegiatan apa saja perusahaan PetroChina International Jabung Ltd terus mensosialisasikan penerapan ISO 37001:2016 SMAP, diantarnya melakukan Seminar Nasional Literasi, acara Jambi Expo dan acara IPA Convex 2023 di ICE BSD.

Serta melaksanakan rapat koordinasi dengan Pemerintah Daerah, rapat pembahasan program CSR, Talkshow Festival Peduli Sampah dan kegiatan pemberdayaan masyarakat. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: