Bekerja Sebagai Freelancer? Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Bagi yang Punya Gaji Tak Tetap

Bekerja Sebagai Freelancer?  Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Bagi yang Punya Gaji Tak Tetap

Tips mengatur keuangan bagi freelancer -Foto : ilustrasi-Net

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ini tips mengatur keuangan bagi yang punya gaji gak tetap. Sehingga, kondisi keuangan Anda akan tetap baik meskipun belum mendapatkan pemasukan. 

Bekerja menjadi freelancer atau pekerja lepas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu. Ada kelebihan yang bisa dirasakan salah satunya adalah freelancer memiliki waktu yang fleksibel.

Namun, perlu diingat Anda harus mampu mengatur keuangan dengan sebaik mungkin. Sebab, secara freelance tentu juga mempunyai tantangan tersendiri. Salah satunya, penghasilan yang tidak menentu. 

Hal inilah yang membuat para freelancer harus pandai mengelola keuangan agar penghasilan yang diperoleh bisa tetap cukup walau nominalnya tidak menentu.

BACA JUGA:Kades di Merangin Temui Wamen Kominfo Minta Bantuan Menara BTS, Pinto Jayanegara: Kita Komitmen Memperjuangkan

BACA JUGA:Kuatkan Tulang dan Usir Insomnia, Ini Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari

Berikut tips mengatur keuangan bagi freelancer yang tidak memiliki gaji tetap :

1. Kontrol Gaya Hidup

Mengontrol gaya hidup menjadi hal yang tak kalah pentingnya bagi seorang freelancer. Dalam hal ini, kamu perlu bijak membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Jangan sampai penghasilanmu terlalu banyak dialihkan untuk memenuhi keinginan yang sebenarnya tidak perlu atau masih bisa ditunda. 

Sesekali bisa saja kamu menuruti keinginanmu sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras yang kamu lakukan. Namun, pastikan bahwa kamu tidak melakukannya secara berlebihan apalagi jika kamu harus berutang untuk memenuhi hal tersebut.

Ingatlah bahwa kamu lebih baik menunda kesenangan terlebih dahulu dibandingkan harus memaksakan diri yang pada akhirnya hanya akan menyiksa dan menambah beban dirimu sendiri. 

2. Utamakan Kerja dari Rumah

Bekerja dengan sistem freelance memungkinkan kamu untuk bekerja dari mana saja. Oleh karena itu, kamu bisa manfaatkan keuntungan ini untuk mengurangi pengeluaranmu. Ya, kamu dapat memilih bekerja di rumah saja dibandingkan harus pergi ke tempat-tempat seperti kafe. 

BACA JUGA:Jokowi Effect, Ada Migrasi Besar-besaran ke Prabowo-Gibran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: