Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Provinsi Jambi dan DLH Tanjab Timur Apresiasi SKK Migas PetroChina

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Provinsi Jambi dan DLH Tanjab Timur Apresiasi SKK Migas PetroChina

DLH Provinsi Jambi dan DLH Tanjab Timur Apresiasi SKK Migas PetroChina--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Kepedulian SKK Migas PetroChina terhadap lingkungan diapresiasi oleh DLH Provinsi Jambi dan DLH Tanjab Timur.

Di mana, SKK Migas PetroChina Jabung Ltd melaksanakan kegiatan seminar Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Sabtu 9 Desember 2023.

Seminar yang digelar oleh SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd, dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2023 ini turut dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjab Timur, Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi yang diwakili oleh BKSDA Tanjab Timur, serta Mahasiswa/i Universitas Jambi dan Universitas Batanghari.

Robby Irawan ST. MM., Kepala UPTD dan Ketua Evaluator Proper Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi mengatakan, atas nama DLH Provinsi Jambi, dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2023 ini pihaknya mengapresiasi PetroChina atas kepeduliannya terhadap lingkungan.

BACA JUGA:SKK Migas PetroChina Gelar Seminar Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ini yang Dibahas

“Peduli terhadap sampah plastik, dalam seminar peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2023 yang di gelar di BW Luxury Hotel, PetroChina langsung mendatangkan narsumber Dr. Ir. Koderi, M. ling., IPU yang merupakan Professional, Konsultan Persampahan, dan Dosen Luar Biasa Program Doktor Ilmu Lingkungan Sekolah Pascasarjana Universitas Brawijaya. Yang telah mengubah TPA Talangagung, Kepanjen Kabupaten Malang, sebagai contoh sukses tempat sampah yang sudah berhasil disulap menjadi tempat wisata edukasi. Serta mendatangkan Iwan ‘Londo’ Febrianto, S.T selaku Ketua Yayasan EKSAI dan Pelaku Konservasi Burung Alam Liar. DLH sangat berharap semoga seminar ini tetap berkelanjutan dan ada juga ada program program kerja yang berkaitan dengan lingkungan, apalagai Petro peserta proper dan kita berharap tahun depan PetroChina bisa mendapatkan proper yang lebih baik dari sekarang,” ujarnya.

DLH sendiri, kata Robby juga telah memperkenalkan bank sampah kepada DLH kabupaten/kota dan mensosialisasikan dengan masyarakat.

“Seperti bank sampah Dream yang sudah go nasional, sudah dikenal di KLHK sebagai lokasi percontohan di tingkat Kota Jambi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Alfajri ST, ME., mengatakan kegiatan ini bagus sekali. Sebab menurutnya Dinas Lingkungan Hidup tentu tidak bisa bergerak sendiri.

BACA JUGA:Mewakili Kapolri, Kapolda Jambi Jadi Nara Sumber di Rapimnas Pemuda Panca Marga

“Dalam hal kepedulian terhadap Lingkungan, memang kita harus bergerak Bersama sama. Ini salah satu bentuk mengedukasi dan bagus untuk dikerjakan,” katanya.

Dia mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjab Timur yang difasilitasi oleh SKK Migas PetroChina beberapa waktu yang lalu sudah pernah berkunjung ke TPA Talangagung Malang untuk studi tiru dan dalm dalam kunjungan studi tiru tersebut ada beberapa hal penting yang bisa tiru dalam mengelola sampah organik dan sampah anorganik di Jambi, khususnya dikabupaten TanjabTimur.

“Sudah dilakukan dan ini bisa dimanfaatkan untuk pergerakan ekonomi. Kami coba membuat TPS 3R. jadi sampah organik dikembangkan menjadi produk kompos, sampah organik dan anorganik bisa dipilah, kami baru 17 macam sampah organic dan anorganik, mulai dari kertas, kardus, botol dan tutup air mineral dan lainnya,” katanya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: