SKK Migas PetroChina Gelar Seminar Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ini yang Dibahas

SKK Migas PetroChina Gelar Seminar Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ini yang Dibahas

SKK Migas PetroChina Gelar Seminar Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd melaksanakan kegiatan seminar Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Sabtu 9 Desember 2023.

Kegiatan tersebut mengangkat topik ‘Upaya pengurangan emisi gas rumah kaca di TPA Talangagung Malang dan Konservasi Burung Pantai Migran di Pantai Cemara Tanjung Jabung Timur’.

Andi Gustawan, HSE Superintendent dan Ketua Panitia kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan PetroChina Jabung Ltd.

“Karena PetroChina berkomitmen dan peduli terhadap lingkungan, kebetulan di setiap tahunnya kami selalu mengadakan seminar hari lingkungan. Dan tahun ini juga kita mengambil tema yang related dengan hari lingkungan hidup sedunia,” ujarnya.

BACA JUGA:Mewakili Kapolri, Kapolda Jambi Jadi Nara Sumber di Rapimnas Pemuda Panca Marga

BACA JUGA:Mau Liburan Natal dan Tahun Baru? Ini Cara Mudah Setting Ganjil Genap Jakarta di Google Maps

Dikatakan Andi, pihaknya mencoba mengawali dengan hal-hal sederhana, yaitu dimulai dari sadar akan sampah plastik yang sering dikeluarkan dari kegiatan yang dilakukan sehari-hari.

“Kita lihat berapa banyak plastik yang digunakan. Jika tidak ‘awas’ sejak dini, maka akan jadi masalah besar. Tidak hanya bagi pemeritnah, tapi juga bagi kita semua, karena dampaknya kembali pada kita semua,” bebernya.

Untuk itu, ia mengatakan pihaknya menghadirkan beberapa narasumber, di antaranya Dr. Ir. Koderi, M. ling., IPU yang merupakan profesional konsultan persampahan dan dosen luar biasa program doktor ilmu lingkungan  sekolah pascasarjana Universitas Brawijaya. 

“Kita mengundang beliau, sebagai contoh sukses yang sudah berhasil menyulap tempat sampah menjadi wisata edukasi di Malang. Tepatnya di  TPA Wisata Edukasi Talangagung yang berada di daerah Kepanjen Kabupaten Malang,” ujarnya.

BACA JUGA:Mau Melahirkan Normal atau Caesar? Ini yang Perlu Dipertimbangkan

BACA JUGA:7 Tips Meningkatkan Semangat Kerja, Bisa Produktif Lagi

Andi mengatakan, pihaknya beberapa waktu yang lalu bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi dan DLH Tanjab Timur berkunjung langsung ke  TPA Wisata Edukasi Talangagung yang berada di daerah Kepanjen Kabupaten Malang, untuk melihat dan mencontoh apa yang bisa diterapkan di Jambi.

“Dengan kegiatan seminar ini, kita mencoba mengedukasi bahwa sampah bukan beban, namun bagaimana melihat peluang sehingga bisa lebih bernilai, baik secara ekonomi, sosial dan lingkungan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: