Kenaikan Harga Cabai Penyumbang Inflasi Terbesar di November 2023, BI Terus Sinergi dengan TPID

Kenaikan Harga Cabai Penyumbang Inflasi Terbesar di November 2023, BI Terus Sinergi dengan TPID

Hermanto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi-Foto : Bank Indonesia Provinsi Jambi-Jambi-independent.co.id

Tahun Berjalan: inflasi 3,01% (ytd)

Tahunan: Inflasi 3,82% (yoy)

Cabai merah menjadi komoditas penyumbang inflasi terbesar di Kota Jambi dengan andil sebesar 0,52%. Diikuti oleh komoditas lain seperti ikan nila (andil 0,10%), angkutan udara (andil 0,07%), cabai rawit (andil 0,07%) dan bawang merah (andil 0,06%).  Di sisi lain, inflasi lebih tinggi tertahan oleh penurunan daging ayam ras (andil -0,16%) diikuti komoditas semen (andil -0,03%), bensin (andil -0,02%), air kemasan (andil -0,02%) dan telepon selular (andil -0,01%).  

Kabupaten Bungo:

Bulanan: inflasi 0,81% (mtm)

Tahun Berjalan: inflasi 2,53 % (ytd)

Tahunan: inflasi 3,23% (yoy)

Untuk kabupaten Bungo cabai merah merupakan komoditi penyumbang inflasi terbesar dengan andil sebesar 0,49%. Diikuti oleh komoditas lain yaitu bawang merah (andil 0,16%), cabai rawit (andil 0,14%), beras (andil 0,14%) dan emas perhiasan (0,10%). Namun demikian inflasi yang lebih tinggi tertahan oleh penurunan harga daging ayam ras (andil -0,08%), bahan bakar rumah tangga               (andil -0,07%), telur ayam ras (andil -0,04%), minyak goreng (andil -0,03%) dan besi beton (andil -0,02%). 

Mencermati perkembangan terkini, pada bulan Desember 2023 diperkirakan akan kembali terjadi inflasi. Inflasi didorong oleh harga aneka cabai yang bertahan pada level tinggi akibat belum pulihnya pasokan. Lebih lanjut, penyesuaian tarif PDAM rumah tangga kelas 1 yang pada bulan Desember 2023 diperkirakan mendorong peningkatan inflasi di kelompok administered price. Sementara itu, sebagaimana pola musim hari raya Natal dan tahun baru dimana terdapat peningkatan mobilitas masyarakat berpotensi mendorong peningkatan tarif angkutan udara (terutama apabila terdapat kebijakan peningkatan tarif batas atas angkutan udara).

BACA JUGA:Hadiri Rakor Lintas Sektoral Operasi Lilin, Ini Kata Kapolda Jambi

BACA JUGA:Hari Ini, Turnamen Mini Soccer ANTARA Dimulai

Dalam rangka memitigasi risiko dimaksud, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi terus melanjutkan sinergi dengan pemerintah daerah melalui TPID dan Tim Satgas Pangan serta melanjutkan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) untuk menjaga keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif terkait perkembangan inflasi. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: