Tak Hanya di Jakarta, Ini 10 Kota Tua di Indonesia, Bisa Jadi Pilihan Tempat Wisata untuk Libur Akhir Tahun

Tak Hanya di Jakarta, Ini 10 Kota Tua di Indonesia, Bisa Jadi Pilihan Tempat Wisata untuk Libur Akhir Tahun

Salah satu desa tertua, yang berada di Padang, Provinsi Sumatera Barat.-ist/jambi-independent.co.id-laman resmi kemenparekraf

Menjadi jalan utama pada masa pemerintahan Belanda, membuat Jalan Braga termasuk salah satu kawasan Kota Tua di Bandung yang terkenal dengan deretan latar bangunan klasik yang indah.

Namun, kalau ingin yang lebih “kental” dengan suasana pemerintahan Belanda, Sobat Parekraf bisa mampir ke Jalan Asia-Afrika. Kawasan yang menjadi titik nol kilometer di Kota Bandung ini dibangun pada masa pemerintahan Daendels. 

BACA JUGA:Prabowo ke Umat Islam: Jangan Mudah Dipecah Belah oleh Fitnah dan Hoaks

BACA JUGA:1.400 Siswa Kota Jambi dan Muaro Jambi Terima Bantuan Pendidikan Dumisake di Momen Peringatan Hari Guru

5. Kota Tua Surabaya

Kawasan Kota Tua Surabaya meliputi Jalan Karet dan Jembatan Merah, yang sudah ditetapkan sebagai Cagar Budaya pada 10 November 2018.

Pada masa lampau, kawasan Kota Tua Surabaya berfungsi sebagai pusat ekonomi dan pemerintahan. Tak heran jika terdapat banyak bangunan kuno yang sarat dengan nilai seni dan sejarah.

6. Nagari Pariangan

Kota Tua di Indonesia yang tidak kalah indah berlokasi di Padang, yaitu Desa Wisata Nagari Pariangan.

Bukan bangunan Belanda, Nagari Pariangan identik dengan deretan rumah Gadang khas Sumatra Barat dan pemandangan hamparan terasering sawah yang indah. Selain itu, Nagari Pariangan juga memiliki masjid tertua di Padang yang dibangun pada abad ke-19, yaitu Masjid Ishlah.

BACA JUGA:Sungai Ketalo Meluap, Babinsa Bantu Korban Banjir di Tebo

BACA JUGA:Waspada, Ini Daftar Handphone Miliki Radiasi Tertinggi, Rusak Kesehatan

7. Kota Tua Lasem

Di Rembang, Jawa Tengah, ada kota kecil yang dijuluki dengan “Tiongkok Kecil”, yaitu Kota Tua Lasem.

Kota Tua Lasem tidak hanya identik dengan bangunan tua dengan perpaduan gaya Tiongkok dan Jawa yang indah, melainkan juga terdapat Kelenteng Cu An Kiong, kelenteng tertua di Kota Lasem yang masih berdiri kokoh meski sudah dibangun sejak abad ke-16.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: