Hebat! Rumah Sakit Ini Berhasil Melakukan Operasi Transplantasi Ginjal Pertama

Hebat! Rumah Sakit Ini Berhasil Melakukan Operasi Transplantasi Ginjal Pertama

Ilustrasi. RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar berhasil melaksanakan operasi transplantasi ginjal pertama.-ist/jambi-independent.co.id-freepik.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar, melaksanakan operasi transplantasi ginjal pertama.

Operasi ini dilakukan dengan pendampingan oleh tim transplantasi ginjal RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta, pada hari Senin tanggal 27 November 2023.

Direktur Utama RS Dr Wahidin Sudirohusodo (RSWS) Prof dr Syafri Kamsul Arif mengatakan, operasi transplantasi ginjal pertama tersebut sukses dilakukan berkat kerja sama tim dan bantuan pendampingan dari RSUP Dr Cipto Mangunkusumo, sebagai rumah sakit pengampu nasional pelayananan uronefrologi.

“Alhamdulillah pelaksanaan transplantasi ginjal pertama telah sukses dilakukan. Hal ini merupakan hal yang patut kita syukuri dimana teman-teman tim telah bekerja luar biasa telah bersinergi satu sama lain," kata dr Syafri.

BACA JUGA:Cara yang Benar Gunakan Minyak Zaitun untuk Kulit

BACA JUGA:Lakukan Secara Teratur, Ini 5 Olahraga Bikin Umur Panjang dan Turunkan Berat Badan

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada tim transplantasi ginjal RSCM atas pendampingannya dalam proses persiapan sampai di kamar operasi.

Sebelumnya, perjanjian kerja sama antara RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar dan RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta sebagai Rumah Sakit Pengampu Nasional Pelayanan Uronefrologi, telah ditandatangani di RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo, pada 21 September 2023 lalu.

Perjanjian kerja sama berisi tentang pelayanan, pengembangan, dan penelitian di bidang transplantasi ginjal.

Untuk percepatan pelayanan transplantasi organ di RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar, Direktur Utama melalui Surat Keputusan Nomor. HK.02.03/D.XIX/14568/2023 telah ditetapkan tim kerja transplantasi organ.

BACA JUGA:Fakta Tentang Sinar Matahari Pagi, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

BACA JUGA:Bahaya yang Mengintai jika Sering Makan Makanan Manis

Sementara ketua tim kerja yakni Prof dr Haerani Rasyid, SpPD, K-GH, SpGK, yang telah bekerja dalam mempersiapkan pedoman, standar operasional prosedur, dan alur pelayanan serta melakukan persiapan pelayanan transplantasi ginjal.

Transplantasi ginjal dilakukan pada pasien M (48 tahun) sebagai resipien dan pasien I (33 tahun) sebagai donor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: