Dinilai Sejahterakan UMKM, Program Makan Siang Gratis Prabowo Dapat Apresiasi

Dinilai Sejahterakan UMKM, Program Makan Siang Gratis Prabowo Dapat Apresiasi

Program makan siang gratis Prabowo dinilai bisa tingkatkan UMKM.-ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Program makan siang gratis yang dicanangkan oleh pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka mendapatkan banyak dukungan dan apresiasi dari publik.

Ketua Umum DPP Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Anggawira mengatakan, program pemberian makan siang, susu gratis di sekolah dan pesantren serta bantuan gizi untuk anak balita dan ibu hamil mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kualitas hidup yang baik. 

Selain itu, juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar terutama mendukung bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Dengan meningkatnya jumlah anak yang menerima makan siang, di kantin atau warung di sekitar sekolah, dapat mengalami peningkatan yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan UMKM setempat,” ujar Anggawira dalam keterangannya dikutip, Kamis 30 November 2023.

BACA JUGA:Lembah Harau, Pesona ‘Desa Konoha’ Versi Indonesia yang Cocok Jadi Pilihan Tempat Wisata di Sumbar

BACA JUGA:BI Provinsi Jambi Gelar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023, Perkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Jambi

Sekjen BPP HIPMI itu mengatakan, tidak hanya pelaku usaha kecil yang bergerak pada bidang kuliner yang diuntungkan dengan program itu.

Tetapi, juga sektor usaha yang bergerak pada bidang bahan baku makanan dalam hal ini menyediakan bahan baku makan siang terutama yang berada di sekolah, pesantren maupun UMKM lain di sekitar sasaran program.

“Selain itu, ini juga dapat menciptakan peluang bagi UMKM untuk berpartisipasi dalam penyediaan makanan atau bahan baku untuk program makan siang, mendukung pertumbuhan ekonomi di komunitas sekitar sekolah,” ucapnya.

Lanjut Anggawira, untuk memberikan dampak yang luas bagi peningkatan ekonomi, penting untuk memastikan bahwa UMKM lokal terlibat secara adil dan berkelanjutan dalam pelaksanaan program tersebut.

BACA JUGA:Tips Aman Berkendara saat Melewati Persimpangan, Honda Sinsen : Lakukan 4 T

BACA JUGA:5 Zodiak Paling Manja, Selalu Bergantung Orang Lain, Gak Bisa Berdiri Sendiri

Untuk itu Anggawira meminta agar implementasi dan pembiayaan program makan gratis ini perlu diperhatikan. Karena selain bisa memberdayakan UMKM sekitar juga bisa mengatasi masalah kekurangan gizi di Indonesia.

"Ini dapat membantu mengatasi masalah kelaparan di kalangan pelajar dan memberikan dampak positif pada kesehatan serta fokus belajar mereka. Namun, implementasi dan pembiayaan program ini perlu diperhatikan agar dapat berjalan efektif dan berkelanjutan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: