BI Provinsi Jambi Gelar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023, Perkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Jambi

BI Provinsi Jambi Gelar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023, Perkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Jambi

BI Jambi gelar pertemuan Bank Indonesia 2023-Foto : Bank Indonesia Provinsi Jambi-Jambi-independent.co.id

Pertumbuhan ekonomi tersebut didukung oleh kestabilan harga barang dan jasa di Provinsi Jambi yang tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi yang sangat baik serta dukungan penuh dari seluruh Pimpinan Daerah beserta jajaran dan pemangku kepentingan lainnya. 

Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan seperti High Level Meeting (HLM), rapat koordinasi, sidak pasar, dan operasi pasar murah. Dampak nyata dari upaya tersebut, pada tahun 2023 ini Provinsi Jambi berhasil menempati tingkat inflasi terendah se-Indonesia selama 3 (tiga) bulan berturut-turut.

BACA JUGA:Waspada Hujan Deras, Petir dan Angin Kencang! Ini Tips dari PLN

BACA JUGA:7 Bahaya Sering Konsumsi Makanan Manis bagi Kesehatan

Pada kesempatan tersebut, Bank Indonesia turut menyampaikan komitmen dalam mendorong berbagai inovasi terkait kebijakan dan instrumen pembayaran serta pengelolaan uang rupiah. Realisasi pemenuhan uang selama tahun 2023 terjaga dengan baik dimana hampir seluruh kebutuhan pecahan uang masyarakat dapat dipenuhi. 

Hal ini terwujud berkat adanya dukungan dari seluruh Industri Jasa Keuangan se-Provinsi Jambi. Selanjutnya, dalam rangka mendorong perkembangan ekonomi syariah, Bank Indonesia menginisiasi kegiatan Indonesia Syaria Economic Festival (ISEF) yang diturunkan mejadi kegiatan Festival Syariah (Fesyar) di masing-masing regional, dan menjadi Road to Fesyar di masing-masing Provinsi. 

Khusus di Provinsi Jambi, kegiatan Road to Fesyar diwujudkan dengan nama SERAMBI atau “Semarak Ekonomi Syariah Jambi” bersama KDEKS, MES, Perbankan Syariah, dan wirausaha syariah. Tahun 2023 ini merupakan pelaksanaan Serambi ke-3 dan tetap menjadi salah satu agenda rutin kami di tahun 2024 mendatang.

Bersapa dengan beberapa pondok pesantren binaan, Bank Indonesia Provinsi Jambi berupaya mendukung pengembangan kemandirian ekonomi pesantren. Pada awal tahun 2023 lalu telah terbentuk Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (HEBITREN) dengan total anggota mencapai 65 ponpes yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se Provinsi Jambi. 

BACA JUGA:Terkenal Baik, ini Zodiak yang Miliki Sifat Menghargai Orang Lain

BACA JUGA:Fakta Unik Tentang Smartphone, Lebih Kotor Daripada Toilet

Selanjutnya, bentuk nyata dukungan Bank Indonesia terhadap sektor riil di daerah diwujudkan melalui pembentukan pilot project model bisnis UMKM Binaan yang dibagi kepada beberapa kategori yaitu (i) Klaster komoditas inflasi melalui klaster ketahanan pangan, hortikultura, dan peternakan; (ii) Klaster perbaikan CAD dan potensi daerah melalui komoditas kopi dan kriya; (iii) Klaster pendukung pariwisata dengan mengangkat potensi daerah; (iv) Pengembangan ekonomi kewilayahan melalui kelompok komoditas unggulan, yang tergabung dalam program WUBI; dan (v) model bisnis hilirisasi klaster. 

Tahun 2024 mendatang masih menyimpan tantangan yang membutuhkan perhatian dari seluruh pihak terkait di Provinsi Jambi. Tantangan tersebut antara lain (i) ketidak-pastian dunia yang memberikan dampak tekanan kepada hampir seluruh negara di dunia, dan berpotensi disrupsi terhadap tekanan inflasi dan pertumbuhan ekonomi; (ii) pengembangan potensi daerah untuk menjaga momentum pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Jambi; serta (iii) potensi pertumbuhan ekonomi baru di daerah seperti pengembangan ekonomi syariah, hilirisasi produk unggulan, dan hal lainnya yang mungkin belum ter-petakan hingga saat ini.

Bank Indonesia kembali menyampaikan penghargaan, apresiasi, dan ucapan terima kasih kepada Bapak Gubernur, Forkopimda, Bupati/Walikota, lembaga/instansi vertikal, organisasi perangkat daerah, industri perbankan, pelaku usaha, akademisi, media dan pemangku kepentingan lainnya yang secara konsisten menjalankan peran bersinergi bersama. 

Sehingga dapat terus menjaga pertumbuhan dan stabilitas ekonomi Jambi. Dalam menghadapi tahun 2024, diharapkan seluruh pihak dapat terus mendukung pertumbuhan ekonomi Jambi sesuai dengan tugas pokok dan wewenang masing-masing untuk memastikan optimisme pemulihan ekonomi semakin baik untuk seterusnya.

BACA JUGA:Alasan Samsung Galaxy S23 FE Masuk HP mid-range Terbaik Sepanjang 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: