BI Provinsi Jambi Gelar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023, Perkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Jambi

BI Provinsi Jambi Gelar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023, Perkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Jambi

BI Jambi gelar pertemuan Bank Indonesia 2023-Foto : Bank Indonesia Provinsi Jambi-Jambi-independent.co.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi telah  menyelenggarakan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 di Ballroom BW Luxury Hotel Jambi, Rabu, 29 November 2023.

 Kegiatan ini merupakan puncak High Level Event (HLE) Bank Indonesia yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun.

 Penyelenggaraan kegiatan tersebut merupakan wujud akuntabilitas dan transparansi Bank Indonesia kepada publik serta upaya Bank Indonesia memberikan insight bagi pemangku kebijakan, pelaku industri, investor, dan kalangan dunia usaha dalam menentukan berbagai kebijakan maupun Keputusan bisnis ke depan. 

Kegiatan ini turut dihadiri oleh berbagai mitra strategis, pemangku kebijakan, pelaku usaha, akademisi, media, asosiasi, serta penggiat di bidang ekonomi lainnya. 

BACA JUGA:Tips Memilih Tempat Wisata yang Aman untuk Anak, Traveling Bersama Keluarga Lebih Menyenangkan

BACA JUGA:Tips Aman Berkendara saat Melewati Persimpangan, Honda Sinsen : Lakukan 4 T

Kegiatan PTBI 2023 diawali dengan menyaksikan penyelenggaraan PTBI Nasional secara daring terkait arahan strategis kebijakan Bank Indonesia ke depan oleh Gubernur Bank Indonesia, serta arahan Presiden Republik Indonesia, dan dilanjutkan dengan penyelenggaraan PTBI di masing-masing kantor perwakilan se-Indonesia. 

Pada kesempatan tersebut, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Mukti Rigowo, menyampaikan paparan terkait outlook perekonomian daerah. Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa kondisi perekonomian global tengah mengalami perlambatan dengan ketidakpastian yang semakin meningkat.

 Pertumbuhan ekonomi global pada 2023 diprakirakan melemah disertai divergensi pertumbuhan antar negara yang semakin melebar. Ketidakpastian semakin tinggi akibat peningkatan ketegangan geopolitik di Timur Tengah dan berdampak kepada tekanan harga energi serta bahan pangan sehingga berdampak terhadap tingkat inflasi global.

Dari sisi regional Provinsi Jambi, pertumbuhan ekonomi triwulan III 2023 lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya. Kinerja tersebut didukung oleh akselerasi Lapangan Usaha (LU) utama yaitu LU Pertanian, LU Konstruksi, dan LU Pertambangan. 

BACA JUGA:Waspada Hujan Deras, Petir dan Angin Kencang! Ini Tips dari PLN

BACA JUGA:9 Indikasi Ibu Hamil Diwajibkan Operasi Caesar, Ayo Jaga Kesehatan Tubuh Anda

Dari sisi pengeluaran, keberlanjutan berbagai proyek infrastruktur turut mengakselerasi kinerja PMTDB. Di sisi lain, kinerja positif investasi tampak pada akselerasi PMDN dan PMA pada sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan; sektor industri pengolahan; dan sektor listrik, air, dan gas. 

Sementara permintaan domestik tercatat tetap kuat yang tercermin dari hasil survei konsumen Bank Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: