PT Reki Tanam 3000 Bibit Pohon di Bekas Lahan Karhutla

PT Reki Tanam 3000 Bibit Pohon di Bekas Lahan Karhutla

PT Reki bersama masyarakat dan mahasiswa serta pemerintah tanam 3000 bibit pohon di lokasi bekas Kathutla-Foto : Subhi-Jambi-independent.co.id

BATANGHARI,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - PT Reki bersama Pemerintah,mahasiswa dan masyarakat setempat melakukan penanaman bibit pohon di bekas lokasi Karhutla.

Hal ini dilakukan untuk memelihara serta menjaga ekosistem yang berada dikawasan hutan PT. Reki di wilayah Desa Bungku Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari yang menjadi salah satu lokasi Karhutla beberapa bulan lalu.

PT Reki bekerja sama dengan himpunan Mahasiswa Unja Fakultas Sainstek dengan didukung dari berbagai pihak baik itu komunitas peduli lingkungan,perwakilan dari Pemprov Jambi,Pemkab Batanghari, Satgas Karhutla. Serta dari berbagai komunitas mobil dari wilayah Jambi dan dari luar Jambi dalam melakukan upaya pemulihan penanaman sepuluh ribu pohon. 

 Tim perlindungan hutan harapan mencatat sekitar 181 hektar kawasan hutan harapan terbakar. Adapun titik kebakaran hutan pada umumnya terjadi di areal konflik yakni di sungai jerat, masai rusa dan sungai lalan.

BACA JUGA:Pj Bupati Tebo, Aspan Silaturahmi Bersama Tenaga Pendidikan di Kecamatan Rimbo Ilir

BACA JUGA:Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf Ali Aminudin Hadiri acara Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Mantap Brata 2023-2024

Sebelumnya tim pemadam karhutla hutan harapan berjuang memadamkan api bersama dengan berbagai pihak.

Khususnya satgas kelompok tani hutan di Hutan Harapan dan juga relawan dari kelompok mahasiswa Universitas Bengkulu, Unja dan Unsri, PT reki dan Polres Batanghari Tengah melakukan investigasi penyebab karhutla yang terjadi di Hutan Harapan.

PT Reki selaku pemegang perizinan berusaha pemanfaat hutan ( PBPH) ekosistem hutan harapan dalam hal ini berterima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam memberikan dukungan kepada PT. Reki Harapan dalam upaya penangan Karhutla 2023.

Memasuki musim penghujan di awal november 2023,  tim hutan bergegas melakukan penanaman di area bekas karhutla. 

BACA JUGA:Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto Hadiri Rakor Lintas Sektoral Terkait Pemilu 2024

BACA JUGA:13 Pati Polri Dapat Kenaikan Pangkat dari Kapolri

Total bibit pohon yang telah tertanam hingga minggu kedua November adalah 3000 bibit. Penanaman akan terus dilakukan selama musim penghujan. khususnya di area bekas karhutla. Baik oleh  tim hutan harapan maupun bersama- sama dengan berbagai pihak.

Ribuan bibit pohon yang siap ditanamkan terdiri berbagai jenis pohon klimaks. Diantaranya bulian, gaharu,jelutung,keruing,meranti sapat,merawan, merbau,durian,alpukat,jengkol,karet, dan pinang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: