Kasatgas Korsupgah KPK RI ke Merangin, Pj Bupati dan Sekda Dikabarkan Ngacir ke Luar Daerah

Kasatgas Korsupgah KPK RI ke Merangin, Pj Bupati dan Sekda Dikabarkan Ngacir ke Luar Daerah

Kasatgas Korsupgah KPK RI ke Merangin, Pj Bupati dan Sekda Dikabarkan Ngacir ke Luar Daerah-Ist/jambi-independent.co.id-

BANGKO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID  - Beberapa waktu lalu  beberapa pejabat Merangin dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jambi, Kali ini KPK turun lansung Ke Merangin terkait Skor Merangin termasuk daerah rawan Tindakan Korupsi.

Rendahnya skor Monitoring Centre for Prevention (MCP) Pemerintah Kabupaten Merangin pada tahun 2022 yakni, 61 % pada skala 0 – 100.

Skor tersebut menunjukan bahwa pencegahan Korupsi di Pemkab Merangin masih belum optimal dan rawan terhadap praktik tindak Pidana Korupsi.

Ditahun 2023 dikabarkan Skor Monitoring KPK baru mencapai angka berkisar 30%.

BACA JUGA:Kemendikbud RI Bakal Revitalisasi Cagar Budaya Kawasan Candi Muaro Jambi, Kapolda Jambi: Kita Dukung 

BACA JUGA:19 Makanan Kucing dan Anjing Ini Kena Seruan Boikot, karena Diduga Pro Israel

Sebelumnya Lembaga Anti Rasuah itu telah memanggil sejumlah pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten Merangin di Aula Utama kantor Gubernur Jambi pada 8 Juni 2023 lalu, Sekda Ir Fajarman, Kepala BPKAD, Kepala Bappeda Agus Zainuddin dan Bupati Merangin H Mashuri yang kini telah purna tugas. 

Berdasarkan ketentuan yang diatur dalam Pasal 6 huruf b dan Pasal 8 Undang-undang nomor 19 tahun 2019 tentang perubahan kedua atas Undang-undang nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, KPK betugas melakukan koordinasi pemberantasan tindak Pidana Korupsi.

Kali ini KPK mendatangi Bumi Tali Undang Tambang Teliti guna menindaklanjuti rencana kegiatan aksi pencegahan korupsi MCP tahun 2023 sesuai surat Sekretaris Daerah kabupaten Merangin nomor 700/464Inspektorat/2023.

Akan diselenggarakan kegiatan koordinasi dan pemantauan rencana aksi program piloting pemberantasan korupsi di Merangin pada Selasa 14 November 2023, Pukul 09:00 hingga 16.00 WIB. 

BACA JUGA:10 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Tekanan Darah Juga 

BACA JUGA:WAJIB TAHU, Menggunakan Eye Mask Bisa Mendapatkan 10 Manfaat Ini Lho!

Kedatangan KPK sepertinya tidak disambut baik oleh pemerintah Kabupaten Merangin, pasalnya menurut informasi yang dihimpun, Pj Bupati H Mukti serta Sekda Fajarman sedang tidak berada di Merangin. 

"Kalo Pak Pj Bupati sedang dinas untuk pemaparan di Kementerian PUPR bahas persoalan RT RW, kabarnya sudah ada izin. Kalo pak Sekda dak tau sayo," ujar salah satu ASN Pemkab Merangin yang minta namanya tidak ditulis, Selasa 14 November 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: