Ihsan Yunus Gelontorkan Rp545 Juta untuk Pelestarian Lingkungan

Ihsan Yunus Gelontorkan Rp545 Juta untuk Pelestarian Lingkungan

Ihsan Yunus secara simbolis menyerahkan bantuan usaha ekonomi produktif kepada masyarakat di sekitar kawasan konservasi.--

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Eskploitasi kawasan hutan besar-besaran dan menyebabkan lajunya deforestasi khsusunya di Provinsi Jambi, sehingga memicu perubahan iklim menjadi perhatian serius Anggota DPR RI Dapil Jambi, Ihsan Yunus.

Senator muda yang sudah dua periode dipercaya duduk di Senayan itu langsung gerak cepat dalam upaya pelestarian lingkungan, langkah konkret yang dilakukan Ihsan yang kini duduk di Komisi 4 DPR RI adalah memberikan bantuan program ekonomi produktif bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bagi masyarakat di sekitar kawasan konservasi. Akhir Oktober lalu.

Bantuan diberikan kepada 16 Kelompok Tani Hutan (KTH) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), nilai bantuan sebesar 545 juta rupiah. bukan hanya uang, bantuan yang diberikan juga berupa 20 ribu batang bibit produktif untuk kelompok tani dan masyarakat.

Ihsan Yunus mengatakan ia akan terus mendorong upaya-upaya pelestarian lingkungan, untuk keberlanjutan kelestarian alam dan keberlangsungan hidup generasi-generasi muda Indonesia di masa yang akan datang.

BACA JUGA:10 Jenis Bisnis yang Cocok untuk Pemula

BACA JUGA:7 Shio yang Berpotensi Membangun Tabungan Banyak di November 2023

LIBATKAN WARGA DESA PENYANGGA HUTAN

“Pelestarian lingkungan ini harus sustainable, dak boleh setengah-setengah. Untuk itu salah satu cara paling efektif menjaga alam adalah dengan melibatkan langsung masyarakat yang berada di desa-desa penyangga hutan,” kata Ihsan.

Hari ini, kata Politisi PDI Perjuangan itu, kita berikan bantuan dana kepada 16 kelompok yang jumlahnya setengah miliar lebih untuk pengembangan usaha ekonomi untuk masyarakat di sekitar kawasan konservasi seperi di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

“Dana atau uang ini sudah ada petunjuk pelaksanaannya dan petunjuk teknisnya, makanya kita juga berikan bimbingan teknis kepada penerima manfaat. Intinya tujuannya untuk melestarikan hutan dan mensejahterahkan rakyat di sekitarnya,” kata Ihsan.

“Terima kasih kepada teman-teman KLHK yang telah memperjuangkan anggaran ini,” kata Ihsan menambahkan.

BACA JUGA:10 Zodiak Perempuan yang Selalu Ingin Terlihat Mandiri

BACA JUGA:Ini Kata Megawati Terkait Keputusan MKMK Copot Anwar Usman Sebagai Ketua MK

Kepala Balai Besar TNKS, Haidir mengaku sangat bangga ada 16 kelompok yang mendapat bantuan dari KLHK yang bermitra dengan Komisi 4 DPR RI. Ia berharap ke depannya kelompok-kelompok penerima bantuan menjadi mandiri dan sejahtera.

“Semoga terbangun interaksi yang sinergi serta positif antara masyarakat dengan kawasan konservasi yang lestari, kami juga ucapkan kepada pak Ihsan Yunus yang telah memperjuangan anggaran ini di DPR RI,” kata Haidir.

Sementara itu, perwakilan dari Kelompok Pemuda Mandiri Desa Sungai Jambi, Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo juga menyampaikan terima kasih atas perjuangan Ihsan Yunus yang memperjuangkan aspirasi mereka.

“Bantuan ini akan menjadi stimulus bagi kami untuk makin maksimal menjaga kelestarian hutan, sekaligus makin memotivasi kami dalam pengembangan usaha ekonomi produktif untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga,” katanya.

BACA JUGA:Harus Tahu, Ini 12 Tips Memulai Bisnis untuk Pemula

BACA JUGA:8 Zodiak Perempuan yang Paling Perfeksionis dalam Mengurus Bisnis

Untuk diketahui, Ihsan Yunus merupakan Anggota DPR RI dua periode, yakni 2014-2019 dan 2019-2024 dari PDI Perjuangan melalui daerah pemilihan Jambi. Politikus muda kelahiran April 1978 ini memiliki pengalaman panjang di Senayan. Ia pernah di Komisi 6, Pimpinan di Komisi 8, Komisi 2 dan sekarang di Komisi 4. ADV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: